MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

KEJAHATAN KONVENSIONAL MODUS BARU (2)


KEJAHATAN KONVENSIONAL MODUS BARU (2)
oleh : Peri Irawan*


Melanjutkan artikel kami pertama yang berjudul KEJAHATAN KONVENSIONAL MODUS BARU (1), kali ini kami akan membahas kejahatan yang sedikit lebih canggih. Kenapa kami katakan lebih canggih? Karena dalam melakukan aksi kejahatan seperti ini para pelaku membutuhkan kerja sama tim yang solid, memahami sedikit cara kerja teknologi informasi dan juga pendekatan persuasif yang mumpuni layaknya seorang customer service yang profesional. Beberapa modus kejahatan tersebut biasanya berkaitan dengan pencurian uang melalui kartu ATM.



Zaman semakin canggih, para pelaku kejahatan biasanya selangkah lebih maju dari pada para penegak hukum kita. Hal ini wajar, karena pelaku dalam aksinya hanya berusaha membobol dan merusak sistem, menghilangkan barang bukti secepat mungkin, mendapatkan hasil buruan dan sesegera mungkin menjual hasil kejahatan yang telah mereka dapatkan. Bandingkan dengan para penegak hukum yang harus mengungkap kasus yang telah dilakukan oleh para pelaku, sedangkan para pelaku telah menghilangkan  barang bukti setidaknya telah memanipulasi tindakan kejahatannya. Kemudian tugas lain untuk berusaha memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara global sehingga sistem keamanan lingkungan dapat terjamin. Dan berusaha dengan keterbatasan untuk melindungi sistem keamanan masyarakat secara keseluruhan agar tidak terganggu sedikitpun oleh seseuatu hal. Para pelaku kejahatan bisa fokus dalam melakukan tindakan kejahatannya. Sementara para penegak hukum harus bergelut dengan segala permasalahan yang terjadi di masyarakat, yang cakupannya lebih luas daripada hanya mengejar para pelaku kejahatan biasa.



Agar kita bisa membantu meringankan tugas para penegak hukum. Mau tidak mau kita harus mampu menjaga keamanan diri sendiri. Baik melalui upaya sadar diri dalam menjaga keamanan ataupun ikut terlibat aktif dalam kelompok penjaga keamanan lingkungan. Baik.., mari kita bahas satu persatu kejahatan pembobolan kartu ATM modus baru yang saat ini beberapa kali terjadi di sekitar kita.


MODUS BARU PENCURIAN UANG MELALUI ATM :


Modus pertama : Para pelaku bermain tim dan menunggu korban di ATM yang sepi pengunjung. Para pelaku telah memasang jebakan khusus di lubang ATM agar kartu seolah-oleh tertelan dan tidak bisa dikeluarkan. Para pelaku sebelumnya telah memasang stiker nomor telepon layanan (customer service) Bank dekat mesin ATM. Tentunya nomor telepon customer service itu palsu dan milik salah seorang dari kawanan mereka. Saat korban merasa panik karena ATM-nya tertelan. Maka salah satu pelaku mencoba menjadi pahlawan kesiangan dan menyarankan agar korban menelepon customer service Bank palsu tersebut dan agar sang korban memblokir PIN ATM miliknya. Kemudian korban memberitahukan kepada operator palsu, nomor rekening korban dan nomor PIN ATM-nya. Selanjutnya pelaku yang bersama korban tersebut menyarankan agar korban melapor ke pihak Bank untuk mengurusi ATM yang tertelan tadi. Saat korban pergi ke Bank jebakan khusus ATM tadi di lepas dan menanyakan kepada sang operator palsu berapa nomor PIN ATM-nya. Di situlah uang korban yang berada di dalam kartu ATM dikuras. Rata-rata pembobolan uang yang dilakukan oleh para pelaku dilakukan semaksimal mungkin yang bisa diberikan oleh kartu ATM, biasanyanya sich antara 5-10 juta rupiah per hari. Tergantung isi uang di kartu ATM dan kecepatan korban memblokir kartu ATM miliknya.

Pastikan jika terjadi hal seperti ini terhadap anda. Anda tetap tenang. Jangan pernah memberitahukan PIN ATM anda kepada siapa pun. Lebih bijak lagi saat Anda menabung di Bank langganan anda, segeralah anda mencatat nomor customer service Bank anda atau layanan pengaduannya. Mintalah bantuan teman terdekat (jika ada) untuk membantu ada mengeluarkan ATM anda. Dengan cara menghubungi pihak Bank resmi atau membuka jebakan ATM nya jika sudah tahu cara kerja kejahatan tersebut.


Modus Kedua : Para pelaku mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada calon korban, bahwa sang calon korban mendapatkan undian hadiah tertentu. Biasanya mobil dan sejumlah uang puluhan hingga ratusan juta rupiah. Apabila sang calon korban menanggapi SMS tersebut karena emosi sesaat (biasanya karena kegirangan mendapatkan hadiah). Maka sang operator akan mengarahkan sang calon korban untuk mentransfer uang tebusan hadiah melalui kartu ATM yang ditujukan kepada rekening salah satu pelaku. Besarnya variatif antara 2-5 juta rupiah. Saat uang sudah ditransfer ke rekening milik para pelaku maka sang korban telah menjadi korban sebenarnya. Sang operator mengatakan bahwa dalam 3 hari hadiah akan dikirimkan atau ditransfer langsung ke rekening korban. Setelah ditunggu pada hari ke-3, kemudian seminggu, kemudian sampai 10 hari. Hadiah tidak datang juga atau uang di rekening tidak bertambah. Korban baru menyadari bahwa dirinya telah tertipu. Tapi malang, biasanya nomor telepon yang digunakan para pelaku akan non aktif setelah uang dari korban berhasil didapatkan.

Pastikan jika terjadi hal seperti ini terhadap anda. Anda tetap tenang. Jangan terburu nafsu. Apabila itu benar, chek lagi customer service resmi pihak yang akan memberikan hadiah kepada Anda. Intinya jangan langsung percaya jika anda mendapatkan undian berhadiah tersebut. Pastikan kroscek dahulu segala sesuatunya, agar kita tidak menyesal di kemudian hari nantinya.


Modus Ketiga : Para pelaku mengaku dari pelayanan Bank di mana anda menabungkan uang Anda. Kemudian para pelaku mengirinkan pesan singkat (SMS) atau E-mail dengan dalih ada peningkatan sistem sehingga anda harus melakukan registrasi ulang. Anda di minta untuk mengirimkan biodata anda selengkap-lengkapnya termasuk nomor rekening bank, nomor kartu ATM dan sekaligus PIN ATM-nya dengan format yang telah disediakan. Salah satu pelaku bertindak layaknya Customer Service Bank asli, piawai dan sangat persuasif. Jika kita tak berhati-hati dan terlanjur mengirimkan biodata lengkap kita beserta nomor rekening bank, nomor kartu ATM dan sekaligus PIN ATM-nya. Kemungkinan besar uang di dalam ATM kita akan hilang dicuri oleh para pelaku. Biasanya para korban tersadar setelah ada pengurangan di buku rekening atau uang di dalam kartu ATM-nya berkurang cukup drastis.

Sekali lagi. Jika anda mengalami hal seperti ini, upayakan tetap tenang. Coba kroscek ulang, jangan langsung mengisi format biodata yang telah diterima. Karena biasanya peningkatan sistem membutuhkan cukup waktu untuk penyelesaiannya. Chek ke Bank di mana anda menabung dan tanyakan perihal peningkatan sistem tersebut? Apakah benar-benar ada. Jika ada, lebih baik dilakukan secara manual di Bank langganan Anda, karena kerahasiaan data anda lebih terjamin.

Demikianlah para pembaca yang terhormat di mana pun Anda berada, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi bagi Anda semua. Salam Sukses Salam Pembelajar

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

  1. NIce info mas Peri Irawan :)
    Thanks berat Gun :)

    ReplyDelete
  2. Sama2 Mbak Desy Hana Ross, semoga artikelnya bermanfaat..., maaf baru sempet bales komentarnya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR