MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal ...
Setelah beberapa tahun terjun dan
menekuni dunia internet, aktif serta dalam jejaring sosial dan memperhatikan
terus perkembangan kemajuan ke-internet-an di dalam negeri. Sangat luar biasa
pesatnya kemajuan penggunaan Internet di Indonesia. Hal ini bisa menjadikan
Indonesia sebagai kekuatan baru penggunaan Internet di dunia. Dan tentu secara
langsung berdampak positif terhadap posisi tawar Indonesia di mata dunia. Karena
kemajuan internet di dalam negeri bisa memacu pertumbuhan ekonomi kreatif, menjadi
standar trend kemajuan penggunaan Internet dunia dan juga sebagai pangsa pasar dunia
maya terbesar dan paling potensial. Dengan kemajuan ini sebagai generasi
visioner, kita semua harus bersiap-siap menyambut peluang besar ini yang
marketnya sudah tersedia di negeri sendiri. Internet akan menjadi trend baru
dalam berbagai hal di Indonesia, baik sebagai gaya hidup, sarana mendapatkan
penghasilan, media promosi murah dan tentu saja untuk membangun komunitas.
Mari kita cermati fakta-fakta Internet
di Indonesia satu persatu :
Pertama, penetrasi
pertumbuhan Internet di Indonesia telah mencapai 20% dari jumlah penduduk
Indonesia. Dan angka ini selalu naik setiap tahunnya. Jika 20% dari jumlah
penduduk Indonesia sat ini sekitar ± 250 juta jiwa, maka pemakai Internet di
Indonesia saat ini mencapai sekitar 50 juta orang pengguna.
Kedua, pertumbuhan
untuk kaum newbie (generasi baru pengguna Internet) mencapai 1,2% per tahun itu
artinya setara dengan 3 juta orang per tahun. Bandingkan dengan pertumbuhan
penduduk Indonesia yang mencapai 1,5% per tahun, atau setara dengan dengan 3,75
Juta Jiwa yang lahir setiap tahunnya. Maka antara generasi yang lahir ke dunia
di bumi Indonesia dengan generasi yang melek Internet tidak terpaut jauh
jumlahnya. Artinya generasi newbie selalu hadir setiap tahunnya. Lahir di dunia
nyata, lahir juga di dunia maya.
Ketiga, pemilik web
log atau blog di Indonesia mencapai 5,27 juta di tahun 2011. Hal ini
menunjukan trend kenaikan yang luar biasa. Tahun 2009 jumlah pemilik blog di
Indonesia mencapai perkiraan 1 juta orang, hanya dalam dua tahun (2011)
jumlahnya naik 5 kali lipat (500%). Apabila kita ambil hukum pareto 80-20 untuk
mengukur keaktifan blog, maka yang aktif mengupdate blog hanya 20%, hal itu
setara dengan 1.054.000 blogger yang
aktif baik menulis ataupun berkreasi via blog di dunia Internet. Hasilnya semakin
besar jumlah blog yang aktif di Indonesia, semakin cerdas juga masyarakat
Indonesia.
Ke-empat, saat ini
pengguna Fecebook di Indonesia mencapai 41,77 juta orang per tahun 2011. Ini
tentu bisa menjadi acuan bahwa sebanyak 41,77 juta orang di Indonesia sudah
familier dengan internet dan jejaring sosial di dunia maya. Dan hebatnya setiap
tahun jumlah penggunanya terus bertambah juga. Percaya atau tidak, berawal dari
Facebook ini masyarakat Indonesia akan semakin terdidik dan terampil untuk
memaksimalkan penggunaan jasa layanan di Internet, perlahan tapi pasti mereka
akan bereksplorasi dan memanfaatkan semaksimal mungkin apapun fasilitas yang ditawarkan
di internet.
Kelima, sedangkan
pengguna Twitter di Indonesia mencapai 19,5 juta orang tahun 2011. Pemilik akun
Twitter juga biasanya pemilik akun di Facebook.
Ini artinya pasar dunia maya Indonesia adalah pasar yang aktif dan berpotensi
tinggi, tidak pasif dan tidak prospektif. Kedepannya setelah mereka (user
internet) semakin terdidik. Mereka akan semakin menikmati berbelanja,
bercengkrama dan berbagi data via internet. Sekali lagi trend ini selalu tumbuh
luar biasa di Indonesia.
Ke-enam, iklan
berbasis online bermunculan di televisi. Seperti iklan Google Chrome,
Lakupon.com dan Toko Bagus.com yang biasa menghiasi layar kaca di Indonesia.
Hal ini secara tidak langsung juga ikut mengarahkan para pemirsa di televisi
untuk ikut serta mulai ber-online ria melalui media interaktif internet. Dan pemirsa
(masyarakat) juga dibujuk secara langsung untuk membiasakan diri dengan hal-hal
berbau world wide web (www) dan ekstensi dot com (.com).
Contoh Iklan Google Chrome di Indonesia
Ketujuh, komunitas
adalah target penjualan produk yang paling potensial. Internet adalah tempat
yang paling memungkinkan orang untuk saling berbagi, berkomunikasi dan membuat
komunitas. Bayangkan jika kita memiliki produk yang akan dijual, maka kita bisa
berpromosi tepat pada sasaran. Misalnya kita hendak menjual komik, maka anda
tinggal mencari komunitas pencinta komik, kemudian kita masuk ke dalam komunitas
tersebut, apabila kita diterima masuk, maka kemudian kita bisa menjual produk yang
kita miliki di lingkup komunitas tersebut. Tingkat prosentase keberhasilan
penjualannya tentu akan lebih tinggi daripada kita mengiklankan produk secara
random (sistem acak). Hal ini karena kita berpromosi di tempat dan komunitas
yang tepat. Dan hanya Internet yang saat ini mampu mengorganisir komunitas
tersebut dengan sangat baik.
Kedelapan, bagi pemula
yang ingin memulai berbisnis di internet. Internet sudah menyediakan program
affiliasi dan reseller gratis. Dari sinilah para pemula (newbie) akan semakin
memahami cara kerja dunia bisnis online pertamanya. Jika ditekuni maka bukan
tidak mungkin para pengguna internet di Indonesia bukan hanya aktif untuk
bersosialisasi tetapi juga aktif memasarkan produk di dunia maya. Dari hal ini
jugalah pertumbuhan bisnis online di Indonesia akan tergenjot secara otomatis.
Kesembilan, dalam rangka
mendukung pertumbuhan internet di Indonesia. Pemerintah ikut mendukung melalui
program-program percepatan pemasyarakatan internet. Misalnya melalui layanan internet
gratis, program pemerataan akses Internet pedesaan, program jejaring pendidikan
nasional (Jardiknas), Perpustakaan Online Nasional, dan lain sebagainya.
Program pemasyarakatan internet terus digalakkan mulai dari kota besar hingga
pedesaan terpencil. Hal ini juga mau tidak mau menuntut pemerintah memperbaiki dan
membuat sarana dan infrastruktur pendukung akses internet secara nasional. Kembali
lagi hal ini ikut mempercepat penetrasi pertumbuhan pengguna internet di Indonesia.
Kesepuluh, sebagai
bentuk layanan prima institusi bisnis ataupun layanan jasa di tingkat swasta
maupun pemerintah. Kita bisa menyaksikan saat ini marak di restoran cepat saji,
café-café, ruang tunggu korporasi, kantor dan gedung-gedung baik swasta maupun
pemerintah terpasang sarana Wireless Fidelity (Wi-Fi) atau Hot Spot
Area. Dengan adanya hal ini kita semua bisa mengakses jaringan internet
dengan mudah dan gratis. Kemudahan ini semakin memanjakan kita para generasi
google, generasi yang selalu terkoneksi sepanjang waktu. Apalagi jika
gadget komunikasi yang kita miliki didukung dengan sarana wi-fi tentunya
semakin memudahkan kita untuk ber-online ria setiap saat.
Demikianlah, semoga artikel ini bisa
menginspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian di mana pun Anda berada.
Salam Sukses Salam Pembelajar.
MELUNASI DAN MEGELOLA HUTANG Oleh : Peri Irawan* Di zaman sekarang ini fasilitas kredit begitu mudah didapat, gencar ditawarkan dan disertai dengan iming-iming yang menggoda. Ada yang memberikan hadiah langsung, cashback, diskon tambahan, bahkan kredit tanpa uang muka. Cara pembayaran kredit pun diciptakan dan dibuat semudah mungkin untuk para kreditur (peminjam). Bisa melalui kartu kredit, kartu debit, SMS Banking, Internet Banking, Kantor Pos, dan intitusi pembayaran lainnya, yang melayani jenis pembayaran kredit.
CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL oleh : Peri Irawan* Setiap orang mendambakan hidup yang berhasil, sukses dan berprestasi. Hal tersebut sangatlah manusiawi dan alamiah karena pada dasarnya kita semua memiliki hasrat untuk maju dan sukses. Kita ingin menjadi bagian dari orang-orang yang memiliki arti dan manfaat bagi orang lain. Menjadi pribadi yang unggul adalah jalan terbaik untuk menuju hidup yang sukses dan berhasil. Karena dengan menjadi pribadi yang unggul berarti kita siap membayar sebuah harga dari banyak berbagai keberhasilan. Mereka yang berpribadi unggul selalu memiliki kualitas dan kelas nomor satu dalam berbagai hal untuk menghasilkan karya-karya terbaik. Mereka terbiasa untuk bersikap profesional, tenang, cakap dan memuaskan dalam hasil saat dituntut untuk bekerjasama. Pribadi yang unggul adalah pribadi yang sukses. Pertanyaannya saat ini adalah, siapkah kita untuk menjadi bagian dari mereka pribadi-pribadi unggul?
Comments
Post a Comment