MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

JADILAH MANUSIA KREATIF!


JADILAH MANUSIA KREATIF!
Oleh : Peri Irawan*


Kreatif merupakan sebuah kata sifat. Kata yang memiliki kekuatan, kata yang aktif dan juga kata yang sering mengarahkan kita – manusia, kepada sebuah tindakan berkonstribusi dalam hidup yang nyata. Kreatifitas selalu menawarkan hal-hal yang inovatif, terbaru serta kesegaran atas rasa keingintahuan manusia yang sangat tinggi. Para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada. Cobalah kita perhatikan saat ini hal-hal yang berada di sekeliling kita. Perhatikanlah baik-baik setiap benda atau apapun itu, kita tidak bisa memungkiri bahwa semua itu adalah hasil daripada kreatifitas seseorang. Entah itu komputer atau smartphone yang sedang kita tatap saat ini, gelas yang kita pegang, Handphone yang sedang kita menuliskan SMS atau tempat tidur yang saat ini sedang kita tempati serta lampu kamar yang menyala terang di kamar kita. Semuanya adalah merupakan hasil dari  kreatifitas seseorang.




Salah Satu Bentuk Kreatifitas Seni Menggambar oleh Leonardo Pereznieto


Para pembaca yang berbahagia. Kreatifitas bisa memberikan kemudahan bagi kita, memberikan solusi bagi setiap permasalahan kehidupan yang sedang kita hadapi. Betapa sempurnanya manusia sebagai makhluk ciptaan Allah S.W.T, manusia diberikan banyak karunia besar yang diantaranya berupa kreatifitas dan rasa cinta terhadap seni. Karena dengan kreatifitas dan perasaan cinta terhadap seni ini, bisa kita bayangkan, betapa maju dan beradabnya makhluk yang bernama manusia. Mengenai contoh sederhana cara kerja kreatifitas adalah sebagai berikut ; ketika manusia mulai berjalan dengan kakinya untuk menuju suatu tempat yang jauh, manusia tersadar bahwa kemampuan dan kekuatannya terbatas sehingga manusia berpikir dan mulai menggunakan hewan tunggangan, lalu berlanjut, karena hewan tunggangan semakin lama semakin sulit dicari dan keberadaannya juga terbatas serta kurang praktis, manusia berpikir lagi untuk menciptakan sebuah alat berupa kendaraan dengan menggunakan roda ; sepeda kita menyebutnya.

Berganti jaman, sepeda sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan, maka manusia menggunakan kreatifitasnya agar ada motor penggerak yang ditempelkan di sepeda sehingga manusia bisa menggunakan sepeda tanpa banyak menguras tenaga, tapi karena sepeda motor tidak dapat membawa barang bawaan yang lebih besar maka diciptakanlah mobil sebagai kendaraan yang mampu memuat banyak barang bawaan, hingga jaman semakin modern, alat angkut massal mulai diciptakan, ada kapal laut, pesawat terbang hingga alat angkut untuk kendaraan itu sendiri, roket appolo misalnya membawa pesawat ulang alik ke orbit bumi, sehingga pesawat ulang alik bisa bekerja dan dimanfaatkan untuk kemajuan manusia.

Salah satu elemen penting bagi seseorang yang ingin sukses adalah memiliki sifat kreatif. Menjadi kreatif adalah salah satu langkah menjadi manusia yang berkonstribusi/bermanfaat. Lalu, bagaimanakah kita bisa menjadi seorang yang kreatif? Banyak cara untuk kita menjadi kreatif diantaranya adalah membiasakan kebiasaan-kebiasan sebagai berikut :

Pertama, melakukan brainstroming (curah gagasan).

Brainstroming atau metode curah gagasan adalah teknik menjadi kreatif dengan mengumpulkan ide-ide yang ada di dalam benak. Seliar apapun ide kita, tampung saja. Tak menjadi masalah karena teknik ini tujuannya adalah mengumpulkan ide-ide. Kemudian ide-ide yang ada diolah sedemikian rupa, dipilih, disortir, dicari yang terbaik kemudian kita gunakan ide tersebut sebagai sebuah pemecahan solusi atas sebuah permasalahan.



Kedua, membuat kerangka ide.

Buatlah kerangka ide di dalam hati. Lalu berusahalah untuk mencatat atau menuliskan ide-ide. Ingatlah setiap ide kemudian harus dirangkai dan dijabarkan secara detail.

Ketiga, lakukanlah sesuatu yang baru atau berbeda atau bergaullah dengan siapa saja.

Lakukanlah sesuatu yang baru atau berbeda, misalnya bergaullah dengan orang-orang yang memiliki jiwa seni, bacalah banyak referensi dan carilah banyak sumber informasi. Karena ketika ada hal-hal baru yang kita temukan, maka kita akan merasa segar baik dari segi rohani maupun mental.

Ke-empat, keluarlah dari rutinitas.

Keluarlah dari rutinitas, hindari berlama-lama di zona nyaman kita. Jangan dibiasakan untuk melalui hari-hari dengan aktivitas yang sama. Jadilah manusia yang terobsesi dengan inspirasi, bahkan penulis menyarankan, jika perlu coba sekali-kali sediakan waktu cuti dalam pekerjaan dan kunjungilah daerah atau kota yang adat dan kebiasaannya berbeda dengan daerah atau kota kita tinggal. Akan ada hal-hal baru yang mungkin bisa kita temukan.

Kelima, rangsang dan latih otak kanan kita.

Otak kanan kita adalah otak imajinasi dan yang berkaitan dengan kretifitas. Bagimanakah caranya kita bisa melatih dan merangsang otak kanan untuk dapat memaksimalkan potensinya? Salah satunya adalah dengan menggunakan semua potensi kelima indera kita. Otak kanan sangat istimewa karena dia merupakan memori jangka panjang. Hal ini bisa kita buktikan melalui contoh sederhana, misalnya kita bisa mengingat seseorang dari wajahnya dan lupa terhadap namanya.

Ke-enam, bacalah banyak buku tentang pekerjaan/profesi kita dan ikutilah pelatihan teknik berpikir kreatif.

Dalam proses menjadi manusia kreatif, kita sekali lagi banyak memerlukan referensi sehingga kita bisa memahami seluk beluk kreatifitas. Kita tidak akan maksimal memahami sesuatu obyek apabila kita belum menemukan definisi yang tepat terhadap sebuah obyek yang kita pelajari tersebut. Jadilah kreatif dengan memahami sesuatu hal mulai dari asal muasalnya.

Ketujuh, biasakanlah menuliskan ide-ide kita di buku jurnal harian.

Kebiasaan menuliskan ide-ide kreatif kita di sebuah buku catatan adalah kebiasaan yang bermanfaat. Dengan mencatat, kita bisa terus memantau dan mengevalusi ide-ide kreatif kita. Khususnya disaat kita ingin merealisasikannya dalam sebuah tindakan nyata. Sehingga selalu ada perbaikan dalam menjalankan setiap ide-ide kita.



Demikianlah, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menginspirasi bagi para pembaca sekalian di mana pun Anda berada. Salam Sukses Salam Pembelajar.

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR