MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

TENTANG UANG



TENTANG UANG
Oleh : Peri Irawan*


Menurut sebuah penelitian badan survei di Amerika, Wealth Mastery, bahwa pada tahun 2001. Apabila seluruh uang di dunia dikumpulkan menjadi satu dan kemudian dibagikan secara rata kepada seluruh penduduk dunia pada waktu itu. Maka setiap orang akan menerima uang sebesar US$ 2.400.000 atau setara dengan Rp 24 Milliar, apabila kurs Rp 10.000,- per dollar AS. Uang sebanyak Rp 24 Milliar merupakan jumlah yang sangat besar bagi sebagian besar penduduk dunia.


Saat ini 90% uang yang beredar di dunia dimiliki oleh 5% penduduk dunia (kaum super kaya). Sisanya 10% uang yang beredar direbutkan oleh 95% penduduk dunia. Dan menurut salah satu ahli ekonom Amerika, Marshall Silver, apabila uang tersebut hari ini dibagikan kepada seluruh penduduk dunia, di mana setiap orang mendapatkan bagian yang sama sebesar Rp 24 Milliar, maka dalam lima tahun kemudian, setelah uang itu digunakan, komposisi kepemilikan uang akan kembali seperti semula, yaitu 90% uang yang beredar di dunia dimiliki oleh 5% penduduk dan sisanya 10% uang yang beredar akan kembali diperebutkan oleh 95% penduduk.

 Carlos Slim Helu, manusia terkaya di dunia saat ini, dari segi finansial
bagian penduduk bumi yang masuk kelompok 5 %

Kenapa bisa demikian?

Hal ini terjadi karena sebagian besar penduduk dunia tidak diajarkan tentang cara kerja uang saat di sekolah. Sebagian besar, 95% penduduk dunia, tidak tahu bagaimana cara uang bekerja. Ditambah dengan sikap ketakutan dalam mengambil resiko untuk memulai membangun bisnis yang produktif, dan hanya berani bermain dengan aman atas uang yang dimilikinya. Menyebabkan komposisi kepemilikan uang akan terus seperti itu polanya. Dalam hal ini, sekali lagi kecerdasan finansial setiap orang harus senantiasa diasah, setidaknya pola pikir tentang uang yang dimiliki oleh 5% penduduk dunia (kaum super kaya tersebut) juga di miliki setiap orang. Untuk memahami cara kerja uang, kita perlu mengetahui aturan dasar tentang penggunaan uang. Ayo kita mulai pembahasannya!

Menukil dari buku The Richest Man in Babylon (Orang Terkaya di Babylonia) ada 7 (tujuh) aturan dasar tentang penggunaan uang agar kita bisa mengendalikan keuangan kita ;

Pertama, mulailah mengisi kantong uang Anda dengan menyisihkan setiap pendapatan minimal 10% dari uang yang telah didapatkan, hal itu untuk tujuan disimpan dan dijadikan pegangan bagi permulaan kekayaan Anda. Selanjutnya gunakan sisa yang 90% dengan produktif untuk kebutuhan hidup dasar seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, transfortasi, komunikasi dan edukasi). Konsep ini dikenal dengan bayar diri Anda terlebih dahulu, sebelum membayar orang lain.

Kedua, kendalikan pengeluaran Anda, jangan terpengaruh oleh keinginan sesaat untuk membeli sesuatu hal yang tidak bermanfaat. Pastikan simpanan Anda yang 10% tetap aman di tempatnya. Lebih bijak lagi apabila penggunaan uang Anda dikontrol melalui anggaran yang telah Anda tentukan sebelumnya. Disiplinlah dalam penggunaan anggaran yang telah Anda buat.

Ketiga, pekerjakan uang yang telah terakumulasi dari uang yang Anda sisihkan setiap mendapatkan pendapatan sebesar 10% tersebut kepada instrument investasi yang menghasilkan return (hasil imbal) yang optimal. Namun sebelum Anda mempekerjakan uang Anda, pastikan Anda telah mempelajari “tempat” di mana uang Anda akan bekerja. Pelajari dengan detail, hitung keuntungan dan resikonya dengan bijak. Agar uang Anda yang bekerja tidak menjadi milik majikan yang lain.

Ke-empat, sekali lagi jaga uang yang telah Anda investasikan agar jangan sampai hilang! Jangan biarkan dia pindah kemajikan yang lain, biarkan dia terus menjadi karyawan Anda yang setia yang bekerja 24 jam tanpa pernah mengeluh, merasa lelah dan berunjuk rasa menuntut kesejahteraan. Kontrol dengan seluruh kemampuan Anda, agar uang yang telah Anda investasikan tetap aman dan nyaman di ‘tempat”-nya bekerja.

Kelima, buatlah istana Anda (rumah), menjadi investasi terbaik dalam hidup Anda. Anda butuh tempat bernaung, tempat menghimpun kebahagian bersama keluarga, tempat membesarkan anak-anak Anda sebagai kebanggaan di masa depan, tempat Anda berpikir untuk merencanakan, mengatur dan mengelola uang Anda. Rumah Anda adalah wahana investasi yang paling mungkin akan bertambah nilai dan harganya setelah jangka waktu tertentu, apabila tidak ada kejadian luar biasa di sekitar rumah Anda yang dapat mempengaruhi nilai rumah Anda. (misalnya, rumah Anda rawan bencana, ada kebocoran radio aktif nuklir, terjadi epidemic/wabah penyakit menular, dan lain sebagainya).

Ke-enam, gunakan hasil keuntungan investasi untuk diinvestasikan kembali (re-investment) di tempat-tempat yang lebih subur dan lebih aman, hasilnya itulah yang akan Anda gunakan untuk membiayai semua gaya hidup Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi bekerja keras secara fisik, biarkan uang Anda yang bekerja untuk Anda. Investasikan uang Anda di instrument investasi yang lebih canggih, persiapkan diri Anda dengan sebaik-baiknya, karena investasi yang canggih memiliki aturan main yang berbeda dengan investasi biasa. Aturan main di sana menuntut Anda untuk miliki uang yang lebih banyak dan kecerdasan Finansial Anda harus lebih tinggi di atas rata-rata.

Ketujuh, tingkatkan pengetahuan Anda untuk terus belajar, khususnya untuk terus belajar menghasilkan lebih banyak uang, yang bekerja untuk Anda. Istilah populernya, asah terus kecerdasan finansial Anda. Berikan pelayanan yang terbaik dalam hidup Anda dan perlakukan uang Anda dengan santun, dengan sikap bijaksana dan menghargai layaknya karyawan Anda yang bekerja untuk Anda.

Demikianlah semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian di mana pun Anda berada. Salam Sukses Salam Pembelajar

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

  1. Terima kasih info dan hasil surveynya mas, oh iya ijin copy gambar uangnya ya, gpp kan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR