MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

MEMANFAATKAN WAKTU LUANG


MEMANFAATKAN WAKTU LUANG
Oleh : Peri Irawan*


Bong Chandra menyebutnya Faktor 10.000 jam. Brian Tracy menyebutnya Formula - 40. Intinya, kedua orang yang luar biasa ini hendak mengajarkan kepada kita agar kita semua bisa memanfaatkan setiap waktu luang yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Waktu luang apabila dimanfaatkan sebaik mungkin bisa memberikan sesuatu yang luar biasa kepada kita. Logis memang, karena hal tersebut berkaitan erat dengan seberapa banyak waktu yang telah kita investasikan kepada sebuah tindakan yang hasil akhirnya kita harapkan bisa memberikan yang terbaik atas segala usaha yang kita lakukan. Waktu luang yang digunakan merupakan perwujudan sikap yang bisa kita jadikan sebagai sebuah kebiasaan, yang apabila ditekuni terus-menerus dapat menjadikan kita lebih mahir dan profesional dalam bidang yang kita tekuni.



Memanfaatkan waktu luang, ibarat mengolah batu intan yang masih mentah menjadi batu permata berlian yang sangat mahal dan berharga. Waktu luang harus terus kita manfaatkan secara optimal. Penulis memperhatikan bahwa di sela-sela waktu kerja kita, banyak waktu luang yang bisa kita manfaatkan. Dari pada menghambur-hamburkan waktu untuk sesuatu yang tidak jelas dan tidak bermanfaat, alangkah baiknya apabila waktu luang itu kita gunakan untuk mengasah atau mengembangkan keahlian tertentu yang kita miliki. Atau bahkan bisa kita gunakan untuk mempelajari keahlian baru yang sejalan dengan profesi dan pekerjaan kita. Contoh sederhananya, jika kita termasuk seseorang yang tahu sedikit tentang elektronik maka kita bisa mengembangkan kemampuan tersebut dengan memanfaatkan waktu luang yang ada untuk lebih mendalami tentang dunia ke-elektronik-an, begitu pun dengan kemampuan lainnya.

Jangan biarkan waktu luang berlalu begitu saja. Karena potensi pemanfaatan waktu luang sangat berarti bagi mereka yang ingin melesat jauh berkembang. Faktor 10.000 jam yang disampaikan oleh Bapak Bong Chandra merupakan salah satu acuan kemahiran seseorang, dikisahkan bahwa bintang NBA Michael Jordan berlatih keras setara 10.000 jam untuk bisa berlaga di kompetisi NBA, ketekunannya dalam berlatih menghantarkan Michael Jordan menjadi pebasket profesional dan ternama sepanjang masa. Seorang pilot kawakan bisa dikatakan pilot yang mumpuni setelah melakoni ribuan jam terbang, semakin banyak jam terbang yang telah dilalui semakin diakui akan kemampuan serta kapabilitasnya untuk menerbangkan pesawat terbang. Begitupun profesi dan pekerjaan lainnya, jumlah waktu yang dicurahkan akan menjadi buah profesionalisme seseorang terhadap bidang yang ditekuninya.

Sementara Formula – 40 yang disampaikan oleh Pakar Penjualan, Brian Tracy, bahwa Formula – 40 adalah tentang pemanfaatan waktu kerja. Brian Tracy mengatakan bahwa apabila kita hanya bekerja 40 jam seminggu atau 8 jam per hari maka kita termasuk orang yang hanya akan bertahan di posisi kelas rata-rata dan mungkin cukup sulit untuk berkembang. Sedangkan, mereka yang bisa dikatakan ahli dalam setiap bidang minimal menggunakan 59 jam kerja per minggunya.

Kesimpulan akhirnya adalah, waktu luang yang kita curahkan merupakan rajutan masa depan kita, yang akan sangat menentukan banyaknya pencapaian yang bisa kita raih atas kehidupan kita. Waktu luang merupakan kekuatan tersembunyi yang apabila kita manfaatkan terus-menerus akan memberikan pengaruh yang positif dalam setiap tindakan yang kita lakukan. Jadi, ayo kita manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya dan pastikan agar hasil pemanfaatan waktu luang itu sesuai dengan apa yang kita harapkan dalam proses pencapaian kita menuju kehidupan yang lebih baik.

Demikianlah para sidang pembaca yang terhormat, semoga artikel ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda semua. Salam Sukses Salam Pembelajar

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR