MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

Membangun dan Membina Jaringan (Part 1)

MEMBANGUN DAN MEMBINA JARINGAN
Oleh : Peri Irawan/Irawan Santoso


Manusia adalah makhluk sosial, hal tersebut menyatakan bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri. Fakta tersebut pernah kita pelajari semua di sekolah, sebagai makhluk sosial maka kita memerlukan bantuan, dukungan serta kerjasama dari orang lain. Kali ini kita akan mempelajari tentang hal ‘bersosialisasi’ tersebut, dan kita mengangkat tema membangun dan membina jaringan, apa itu jaringan (dalam bidang sosial kemasyarakatan tentunya)? Adalah merupakan serangkaian koneksi/hubungan antar individu, antar organisasi/perusahaan atau antara individu-organisasi yang saling memerlukan satu sama lain sehingga bisa mencapai suatu tujuan dengan lebih efektif dan efisien, jaringan bisa berbentuk apa saja, misalnya jaringan kerja, jaringan persahabatan, jaringan informasi, jaringan bisnis dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan kerja jaringan maka kita akan menerapkan sebuah pola kerjasama secara kolektif, yang tentunya kita sedang mensinergiskan dan mensikronkan setiap potensi ataupun kemampuan individu sehingga bisa dihasilkan manfaat yang berlipat ganda. Jaringan merupakan sebuah daya ungkit yang dapat memaksimalkan potensi individu menjadi potensi kolektif, dimana saling menguatkan, saling melengkapi dan saling mendukung, sehingga kerja yang kecil semakin memiliki manfaat teknis yang lebih besar.

Beberapa manfaat apabila kita memiliki jaringan diantaranya;

1. Banyak hal yang dapat kita pelajari, khususnya tentang hal-hal yang tidak kita ketahui baik sebuah pengetahuan atau skill, maupun tentang seseorang.
2. Kita bisa mengetahui kelemahan diri serta kekuatan orang lain yang tentunya bisa kita ambil manfaatnya.
3. Memperbanyak teman dalam suatu kepentingan.
4. Bisa saling tukar menukar informasi, kebutuhan ataupun solusi sebuah masalah.
5. Meningkatkan rasa solidaritas dan kepekaan sosial, bila kita menemukan orang yang satu jaringan yang hidupnya seberuntung kita.
6. Bisa berbagi dalam banyak hal tentang kebaikan.

Bahkan dalam buku saku berjudul Kerja Jaringan karya Jon Warner, bahwa manfaat dari menerapkan Kerja Jaringan adalah ;

1. Sebagai sarana pemasaran dengan biaya paling efektif.
2. Rujukan kerja jaringan secara tipikal menghasilkan lebih dari 80% dibanding secara konvensional.
3. 70-80% pekerjaan ditemukan melalui kerja jaringan.
4. Setiap orang yang kita temui mempunyai 200-250 orang yang mereka kenal yang dapat membantu kita.
5. Siapapun yang ingin kita temui atau hubungi di dunia, hanya lima hingga enam kontak orang dari Kita (istilah mbak Jennie S. Bev The Six Degrees of Separation Theory silahkan kunjungi situsnya di www.jennieforindonesia.com)



Selain itu membangun dan membina jaringan memerlukan banyak aspek, tentunya untuk mendukung sebuah jaringan bisa terbentuk dan kokoh (karena kita berharap jaringan yang kita bangun dan kita bina dapat memberikan manfaat terus menerus demi kemashlahatan umat), adapun aspek tersebut ;

- Keinginan yang tulus untuk kita hidup dalam sebuah komunitas atau jaringan.
- Terus belajar tentang bagaimana membagun hubungan dengan sesama manusia.
- Mengetahui manfaat sebuah jaringan.
- Memahami dasar-dasar membuat sebuah jaringan.
- Serta memiliki strategi untuk tetap membina dan mempertahankan jaringan yang telah kita miliki.

Beberapa contoh jaringan yang kita lihat, atau dalam kehidupan sehari-hari ;

Jaringan Internet ;
Jaringan Transfortasi ;
Jaringan Telekomunikasi (telepon/Hp diantaranya) ;
Jaringan Bisnis (Waralaba, Franchaise, MLM) ;
Jaringan kerja (komunitas berbagai profesi) ;
“Jaringan Ikan (misalnya Filosofi)”

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR