MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MENTAL DALAM PENGEMBANGAN DIRI

TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MENTAL DALAM PENGEMBANGAN DIRI 

Dalam dunia yang serba cepat dan penuh tekanan ini, tidak heran jika banyak orang merasa cemas atau stres dalam kehidupan sehari-hari.

Kualitas mental yang baik merupakan aspek penting dalam pengembangan diri, karena itu akan membantu kita menghadapi berbagai tantangan hidup.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kualitas mental adalah dengan menguasai teknik relaksasi yang efektif.

Berikut ini beberapa teknik relaksasi yang bisa Anda praktikkan untuk meningkatkan kualitas mental:

1. Meditasi

Meditasi adalah teknik relaksasi kuno yang dapat membantu meredakan stres, meningkatkan kesadaran, dan membantu kita fokus pada momen saat ini.

Cobalah mulai meditasi dengan duduk tenang di suatu tempat yang nyaman, kemudian fokuskan perhatian Anda pada napas atau mantra tertentu.

Lakukan ini selama 10-15 menit setiap hari untuk merasakan manfaat yang ada.

2. Teknik pernapasan

Pernapasan adalah kunci untuk meraih ketenangan dalam situasi yang menegangkan.

Cobalah teknik pernapasan dalam yang melibatkan menghirup napas melalui hidung, menahan selama beberapa detik, kemudian menghembuskan melalui mulut.

Ulangi langkah ini beberapa kali untuk merasakan sensasi relaksasi yang mendalam.

3. Berolahraga

Berolahraga secara teratur bukan hanya bagus untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk jiwa.

Olahraga membantu mengurangi hormon stres dalam tubuh dan meningkatkan produksi hormon bahagia, endorfin.

Cobalah berolahraga aerobik, seperti lari atau bersepeda, selama 30 menit setiap hari untuk merasakan efek positifnya bagi kesehatan mental Anda.

4. Praktik mindfullness

Mindfullness atau kesadaran penuh adalah teknik relaksasi yang mendorong kita untuk hidup di momen saat ini dan menerima apa adanya.

Teknik ini melibatkan fokus pada sensasi yang ada dalam tubuh seperti napas, detak jantung, dan juga pikiran yang ada dalam benak kita.

Cobalah praktik mindfullness saat Anda merasa cemas atau stres untuk merasakan ketenangan batin.

5. Membuat jurnal atau menulis

Menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan adalah cara yang efektif untuk melepaskan beban emosional dan mengurangi stres.

Membuat jurnal atau menulis tentang perasaan Anda akan membantu Anda merefleksikan diri dan menemukan solusi atas masalah yang dihadapi.

Jadi, itulah beberapa teknik relaksasi yang efektif untuk meningkatkan kualitas mental dalam pengembangan diri.

Semoga bermanfaat, salam sukses salam pembelajar.


Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR