MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

SHODAQOH : KUNCI KEBAHAGIAAN, MANFAAT, DAN IMBALAN BERLIPAT.

SHODAQOH : KUNCI KEBAHAGIAAN, MANFAAT, DAN IMBALAN BERLIPAT.

Kehidupan kita sehari-hari pastilah tak lepas dari interaksi dengan sesama manusia. Terkadang kita melihat saudara kita berjalan tanpa alas kaki, berkendara dengan sepeda yang rusak, atau bahkan ada yang membutuhkan bantuan berobat. 

Melihat kondisi ini, terlintas di hati kita ingin memberi bantuan, dan inilah yang disebut dengan shodaqoh. Namun, apa sesungguhnya shodaqoh itu, manfaat berderma/ shodaqoh, dan imbalan yang kita dapatkan?

Shodaqoh adalah salah satu bentuk pemberian, entah itu materi, tenaga, ilmu, atau do'a, yang kita berikan dengan tulus kepada yang memerlukan. Shodaqoh merupakan ibadah yang dianjurkan dalam Islam dan diberikan sebagai ungkapan kepedulian kita terhadap sesama.

1. Manfaat Berderma/ shodaqoh.

Membantu sesama : Berderma merupakan salah satu cara untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Ketika kita memberikan shodaqoh, kita membantu orang yang diidamkan kebahagiaan dan kesenangan hidup.

Menghapus dosa: Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api” (HR. Thabrani). Shodaqoh dapat membersihkan jiwa dari sifat bakhil dan kikir serta mengampuni kesalahan yang pernah kita lakukan.

Menambah rezeki: Dengan berderma, kita memiliki keyakinan bahwa Allah SWT akan menambah rezeki kita. “Barangsiapa yang menafkahkan sepasang (dua) hal dari harta yang ia cari dengan yang baik, maka dia termasuk orang-orang yang bersuara lembut dalam shodaqoh agar tidak melukai perasaan orang yang menerima”. (Al-Quran, 58:13).

2. Imbalan dari melakukan Shodaqoh

Pahala yang berlimpah : Setiap kali kita meringankan beban orang lain dengan shodaqoh, pahala kita akan berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang membantu saudaranya yang sedang kesusahan, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim).

Dilindungi dari musibah : Salah satu keutamaan shodaqoh adalah melindungi kita dari berbagai musibah dan bencana. Nabi Muhammad SAW bersabda : "Perlindungan dari 70 macam bencana di dunia dan akhirat hanyalah dengan shodaqoh." (HR. Ahmad).

Menjadi orang yang dicintai Allah : Orang yang gemar berderma akan mendapatkan kasih sayang Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah kebaikannya, maka Dia akan menjadikan orang tersebut pemurah.” (HR. Ahmad).

Teruslah berbuat baik, ingat bahwa shodaqoh adalah kunci kebahagiaan dan meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah S.W.T, manusia yang terbaik adalah manusia yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain.

Semoga bermanfaat, salam sukses salam pembelajar.

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR