MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

MENAKLUKKAN WAKTU: 6 APLIKASI MANAJEMEN WAKTU TERATAS UNTUK PENGEMBANGAN DIRI

MENAKLUKKAN WAKTU: 6 APLIKASI MANAJEMEN WAKTU TERATAS UNTUK PENGEMBANGAN DIRI 

Pernahkah Anda merasa terpaku waktu dan berkejar-kejaran dengan tenggat waktu?

Atau mungkin merasa begitu kewalahan oleh semua tugas yang harus Anda selesaikan sehingga Anda tidak tahu harus mulai dari mana?

Jangan khawatir, Anda tidak sendirian dalam perjuangan ini.

Dibalik tantangan ini ada beberapa aplikasi manajemen waktu teratas yang dapat membantu Anda mengatur waktu secara efisien dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan diri.

Mari kita lihat lima aplikasi terbaik yang dapat membantu Anda dalam menaklukkan waktu.

1. Todoist

Todoist adalah aplikasi manajemen tugas yang dirancang untuk membuat hidup Anda lebih terorganisir dan terencana.

Dengan antarmuka yang mudah digunakan, Anda dapat membuat daftar tugas, mengelola proyek, dan Bahkan berkolaborasi dengan rekan kerja atau kelompok Anda.

Todoist memiliki fitur prioritas, pengingat, dan sinkronisasi dengan kalender Anda sehingga Anda dapat menjaga semua komitmen Anda tetap teratur, dan fokus pada pengembangan diri.

2. Toggl

Toggl adalah aplikasi pelacak waktu yang begitu sederhana namun begitu kuat. Dengan fitur yang mudah digunakan, Anda dapat melacak berapa waktu yang Anda habiskan untuk pekerjaan, proyek, dan bahkan hobi Anda.

Toggl membantu Anda mengidentifikasi di mana waktu Anda terbuang dan bagaimana Anda dapat mengalokasikan waktu Anda lebih efisien, membantu meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

3. Focus@Will

Mungkin Anda pernah mendengar pepatah "musik bisa mempengaruhi suasana hati", - nah, Focus@Will mengambil ungkapan ini dan mengubahnya menjadi realitas.

Aplikasi ini menawarkan solusi audio yang ekslusif untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, dengan memutar musik yang dirancang untuk meningkatkan fokus dan mengurangi gangguan dari lingkungan dan pikiran bawah sadar Anda.

Ini adalah alat yang sempurna untuk membantu Anda memanfaatkan waktu lebih efisien dan mencapai tujuan pengembangan diri Anda.

4. RescueTime

RescueTime adalah aplikasi manajemen waktu yang berjalan di latar belakang komputer atau perangkat seluler Anda dan melacak bagaimana Anda menghabiskan waktu saat menggunakan perangkat.

Dengan menganalisis data ini, Anda dapat melihat dengan jelas bagaimana dan di mana waktu Anda dibuang. Data ini dapat membantu Anda mengurangi kebiasaan yang tidak produktif dan merumuskan strategi waktu yang lebih efektif.

5. Evernote

Aplikasi ini merupakan alat catatan yang luar biasa dan pemberi dukungan untuk pengaturan waktu.

Evernote memungkinkan Anda menyimpan segala jenis catatan, mulai dari teks biasa hingga gambar dan dokumen, dalam satu tempat yang mudah diakses.

Fungsi pencarian yang meresap jauh membuat Anda dengan mudah menemukan apa pun yang Anda butuhkan, sedangkan fungsi tag memudahkan Anda mengelompokkan dan mengakses catatan yang terkait.

Dalam hal manajemen waktu, Evernote membantu Anda menghindari kekacauan dan tetap fokus pada apa yang paling penting.

6. Asana

Asana adalah aplikasi manajemen proyek dan kolaborasi yang sangat efisien.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat papan proyek, menetapkan tugas kepada anggota tim, dan melacak kemajuan secara real-time.

Asana sangat ideal untuk tim yang ingin meningkatkan efisiensi dan komunikasi dalam mencapai tujuan bersama. 

Selain itu, Asana bisa terhubung dengan berbagai aplikasi lain yang mungkin Anda gunakan, seperti Google Drive, Slack, dan Microsoft Teams.

Semoga bermanfaat, salam sukses salam pembelajar.


Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR