MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

TEMUKANLAH SOLUSINYA!

TEMUKANLAH SOLUSINYA!
Oleh : Peri Irawan*

Setiap orang akan menghadapi masalah dalam hidupnya. Entah itu masalah ringan hingga masalah yang pelik sekalipun. 

Dalam menghadapi masalah tersebut ada yang biasa-biasa saja,  ada yang merespon dan menyelesaikannya dengan cepat dan tidak sedikit yang stres, hingga mengakhiri hidupnya karena tak mampu memecahkan permasalahannya.

Masalah adalah sumber pembelajaran yang tak ternilai harganya. Kualitas seseorang bisa ditempa dengan baik hanya dengan kemampuannya untuk bisa memecahkan berbagai macam masalah (problem solving). 

Semakin seseorang terbiasa menghadapi masalah dan menanganinya semakin baik hidupnya.

Pada dasarnya masalah menjadi sulit karena kita lebih sering memikirkannya dibandingkan mencari solusinya. Masalah ada untuk dihadapi. 

Banyak diantara kita bingung jika harus menghadapi masalah, apalagi masalah tersebut baru sekali dialaminya selama hidup,  bisa bingung setengah mati.

Menyikapinya pun akan berbeda bagi setiap orang, ada yang cuek,  ada yang terlalu serius, ada yang setengah-setengah, ada juga yang biasa-biasa saja.

Konsekuensinya pun akan berbeda tentunya. Masalah semakin didiamkan akan semakin rumit, diselesaikan dengan cepat adalah pilihan terbaik. Mengapa? Karena masalah dalam hidup ini akan selalu datang dalam bentuk yang lain.

Beberapa di bawah ini pengalaman saya (penulis-red) dalam menghadapi masalah, dan Alhamdulillah masalah bisa diselesaikan dengan baik dan hingga kini jadi pelajaran mahal bagi saya.

1. Terima dan sadarilah bahwa kita sedang punya masalah yang harus segera diselesaikan. 

2. Identifikasilah masalah di atas beberapa lembar kertas (lebih baik putih dan polos) dan jangan lupa pena atau pensilnya. 

- Tulis judul masalah kita misalnya "Biaya Pendidikan Sekolah Anak".

- Tulis di bawah judul "Solusi". Solusi ini harus kita tulis sebanyak-banyaknya. 

Minimal 10-20 solusi yang kita tulis,  solusi yang paling sederhana dan realistis hingga solusi paling liar yang kurang relevan sekalipun. Kemudian sortir solusi tersebut dan diurutkan dari yang paling mudah dilakukan hingga yang paling sulit. 



3. Diskusikan dengan teman yang kita percaya atas masalah yang tengah kita hadapi,  dan pastikan teman yang nyambung diajak berbicara, biasanya dari diskusi yang intens tapi santai ada saja ide atau solusi baru yang tidak kita temukan jika hanya berpikir sendirian. Bukankah 2 kepala yang cerdas lebih baik daripada hanya 1 kepala yang biasa-biasa saja. Hehehe...

4. Lakukanlah segera dengan skala prioritas atas solusi yang telah kita tulis tersebut, milikilah komitmen yang kuat untuk selesaikan masalah kita. Tanpa komitmen yang kuat solusi hanya akan jadi sebuah tulisan di atas secarik kertas. 

Memang masalah yang kita hadapi tidak serta merta langsung beres dan selesai 100%, tapi dengan menuliskan dan melakukannya kita punya keberanian dan kepercayaan diri untuk bisa memecahkan permasalahan hidup kita dengan sangat baik dan kita pun malah menikmatinya. 

Selamat mencoba,  semoga bermanfaat. Salam Sukses, Salam Pembelajar.

*) Penulis adalah pengasuh blog www.visionerpd.blogspot.co.id

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR