MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

SUSAH SENANG DIJALANI


SUSAH SENANG DIJALANI
Oleh : Peri Irawan*


Tidak selamanya bisnis akan berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ada situasi-situasi sulit yang akan membuat bisnis kita mulai terseok-seok. Banyak faktor yang bisa mempersulit keadaan sebuah bisnis.


Ketika bisnis berada dalam situasi yang sulit, ada perasaan di dalam diri kita untuk menyerah saja dan mengakhiri bisnis yang sedang kita jalankan saat ini. Apalagi jika kita masih berada pada posisi pebisnis pemula, menyerah dalam bisnis bukanlah pilihan sulit, karena kita merasa bahwa langkah kita belum terlalu jauh untuk mengalami kerugian yang lebih besar.


Pada situasi-situasi sulit seperti ini, rasanya jalan bisnis yang kita tempuh selalu mengalami kebuntuan dan penuh rintangan. Disinilah komitmen kita untuk konsisten dan persistensi diri sedang diuji. Sejauh mana kesetiaan kita dalam menjalankan bisnis itu akan berlanjut. Saya rasa jika kita sedang berada pada situasi bisnis yang sulit, sikap yang terbaik adalah memiliki keyakinan di dalam diri bahwa "Susah Senang Akan Tetap Dijalani." Peganglah secara teguh prinsip tersebut.


Seperti pernyatan sebelumnya, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan pada bisnis itu banyak sekali jenisnya ; bisa berupa kelangkaan bahan baku, resesi/krisis ekonomi nasional, fluktuasi valas yang tidak stabil, kesalahan mengelola aset, mahalnya/tingginya biaya operasional, turunnya daya beli masyarakat dan lain sebagainya.


Situasi sulit yang berlarut-larut akan mulai mengguncang keyakinan kita atas kesuksesan bisnis yang akan kita raih. Oleh sebab itu kita harus mampu bertahan. Bisnis adalah sebuah perjalanan yang panjang. Bisnis merupakan bagian dari kehidupan kita selaku pebisnis. Jika dilakukan terus menerus secara konsisten, berani, kreatif dan inovatif bisnis akan tumbuh dan membesar.


Saat bisnis baru dimulai kecil-kecilan, bisnis harus kita hidupi dan cukup merepotkan. Namun setelah membesar, bisnis akan memberikan kehidupan nyaman dan mengurus diri kita dari segi kecukupan finansial dan tersalurkannya eksistensi diri.


Lalu, jika kesulitan bisnis mulai mendatangi kita, sikap apa yang harus kita lakukan? Beberapa sikap yang harus kita lakukan diantaranya adalah seperti di bawah ini :


Pertama, terimalah keadaan sulit tersebut secara sadar. Hal ini akan memperkuat diri kita dari sudut kekuatan mental. Saat mental siap, fisik kita pun siap mengikutinya. Dalam hal ini tentunya kesiapan mental dan fisik untuk tetap bertahan dalam bisnis sesulit apapun kondisinya.


Kedua, saat kita memutuskan untuk tetap berkomitmen menjalankan bisnis meskipun kondisi sedang sulit. Hal tersebut akan menjadi kredit point yang positif bagi kita di mata para mitra bisnis dan stakeholder lainnya.


Mereka melihat dan merasakan langsung jika kita serius dan penuh komitmen dalam menjalankan bisnis. Mereka akan menilai bahwa kita layak untuk menjadi rekan bisnis mereka dalam jangka waktu yang panjang.


Ketiga, kesulitan-kesulitan yang berhasil kita lalui akan memperkuat kita untuk menghadapi level kesulitan yang lebih tinggi. Kreatifitas akan terasah, keberanian akan terbentuk dan jiwa bisnis semakin terlatih. Kesulitan adalah metode ampuh untuk menjadikan kita agar lebih kuat, lebih kreatif, lebih antisipatif dan belajar akan hal-hal yang baru.


Mulai sekarang, nikmatilah kesulitan-kesulitan yang datang kepada kita. Kesulitan selalu membawa kado berkah yang tersembunyi dan berharga.


Demikianlah, semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca di manapun Anda berada. Salam Sukses Salam Pembelajar.


*) penulis adalah pengasuh blog pada www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR