MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

TRANSFORTASI DAN TELEKOMUNIKASI

TRANSFORTASI DAN TELEKOMUNIKASI
Oleh : Peri Irawan*


Tanpa keduanya, di zaman sekarang ini, kita akan mengalami banyak kesulitan. Dunia bergerak begitu cepat. Dan pada situasi tertentu menuntut kehadiran kita segera, baik secara langsung (fisik) maupun tidak langsung (pesan atau simbol).


Judul artikel kali ini agaknya terlalu kaku dan tampak sederhana, namun yang sederhana itu terkadang penting keberadaannya. Transfortasi dalam hal ini kendaaran pribadi yang bisa kita gunakan untuk mobilitas dan bergerak cepat.


Sementara Telekomunikasi dalam hal ini diwakili oleh gadget-gadget canggih modern yang bisa menyampaikaan pesan kita dengan segera. Baik lisan (verbal) maupun tulisan, ataupun di atas keduanya berupa audio visual. Video Streaming diantaranya.


Begitupun jika dikaitkan dengan bisnis. Sebagai seorang pebisnis pemula menyediakan alat transfortasi dan telekomunikasi adalah sebuah keharusan.


Di tahun-tahun awal perintisan bisnis, kita akan sering bergerak kesana kemari dalam rangka membangun jaringan dan relasi bisnis serta keperluan lainnya yang bersifat administratif.


Begitupun dengan Komunikasi, sebelum bisnis tersistem seluruhnya, komunikasi menjadi begitu penting sehingga harus sering dilakukan. Itulah sediki alasan jika transfortasi dan telekomunikasi begitu penting peranannya bagi setiap orang saat ini, apalagi bagi seorang pebisnis.


Milikilah keduanya. Jika mampu, belilah yang terbaik dari kedua sarana tersebut. Hal itu merupakan investasi penting bagi kita sebagai pebisnis pemula. Apabila modal usaha terbatas, saran saya belilah alat transfortasi sepeda motor saja, apabila terpaksa cukuplah sepeda motor bekas tapi kondisinya prima untuk beroperasi.


Mengapa sepeda motor? Banyak yang bisa kita jadikan pertimbangan diantaranya ; harga yang lebih terjangkau, perawatan relatif mudah, biaya operasional yang lebih murah (termasuk penggunaan bahan bakar tentunya), lebih efisien saat macet dan mampu melalui gang-gang sempit untuk mempercepat ke lokasi tujuan, serta bisa menempuh hampir segala medan di daratan.


Selanjutnya, jika berkaitan dengan alat telekomunikasi. Usahakan pilihlah jenis Smartphone (ponsel cerdas). Tidak masalah apapun Sistem Operasinya (OS), yang terpenting bisa digunakan untuk komunikasi efektif, bisa kirim pesan tertulis (SMS atau MMS), bisa digunakan untuk menjelajah internet (browsing), bisa digunakan untuk aplikasi media sosial seperti BBM, WhatsApp, Line dan lain sebagainya.


Serta mendukung operasional multimedia yang baik seperti Kamera untuk foto dan video, support aplikasi-aplikasi untuk bisnis seperti google map/peta GPS, document to go, dan aplikasi pengelolaan uang bisnis/pribadi.


Namun jika memang modal usaha benar-benar minim dan belum memerlukan ponsel canggih, maka ponsel biasapun tak menjadi masalah. Yang penting komunikasi Anda lancar dan bisa disampaikan dengan baik dan jelas.


Intinya, berusahalah memiliki alat transfortasi dan komunikasi yang terbaik. Bisnis kita akan sangat terbantu dengan ada keduanya. Anggaplah hal itu sebagai biaya investasi bisnis. Kecepatan bergerak dan ketepatan waktu ditopang komunikasi yang efektif serta efisien bisa mendorong bisnis untuk tumbuh lebih pesat, dan tentunya bisa mendatangkan keuntungan yang menyebabkan bisnis Anda tetap eksis.


Demikianlah, semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi pembaca sekalian di mana pun Anda berada. Salam Sukses Salam Pembelajar.


*) penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR