MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

DIVERSIFIKASI PRODUK

DIVERSIFIKASI PRODUK
Oleh : Peri Irawan*


Saat bisnis sudah berjalan di atas 1 (satu) tahun. Salah satu cara efektif untuk tetap bisa mencetak profit dan tetap melayani banyak pelanggan adalah dengan melakukan diversifikasi produk atau diversifikasi jasa.


Itupun dengan catatan khusus dan perlu pertimbangan yang matang. Apakah diversifikasi produk atau jasa tersebut urgent adanya? Apakah dengan itu harapan-harapan bisnis yang kita inginkan juga akan tercapai? Jika memang iya, rasanya diversifikasi produk atau jasa anda perlu segera dilakukan.


Diversifikasi produk atau jasa adalah kata lain dari memperluas cakupan jenis produk/jasa dari produk yang sudah ada. Singkatnya memberagamkan produk/jasa yang kita tawarkan.


Misalnya, bisnis yang saat ini saya jalankan. Bergerak dalam bidang agribisnis penyediaan buah belimbing wuluh. Awal-awal berbisnis belimbing wuluh yang kami sediakan hanya untuk campuran dan penyedap bahan masakan seperti garang asem dan kepala ikan.

Namun lama-lama kami berusaha untuk memperluas jasa kami dalam penyediaan bahan baku belimbing wuluh untuk produk yang lain (diversifikasi), misalnya untuk bahan baku sirup belimbing wuluh, dodol belimbing wuluh dan manisan belimbing wuluh. Memang hanya untuk produksi kecil skala home industry, tapi mungkin kedepannya kami bisa menyediakan untuk skala industri menengah dan skala industri besar.


Pada awalnya sederhana, namun akhirnya produk/jasa yang kami tawarkan semakin luas penggunaannya. Kami telah berhasil mendiversifikasikan produk/jasa kami.


Begitupun dengan produk atau jasa dalam bisnis Anda. Sangat mungkin untuk bisa didiversifikasikan. Pentingnya hal tersebut adalah agar bisnis yang kita jalankan semakin banyak/luas dalam melayani pelanggan dan menjaring konsumen baru. Sehingga pelanggan tetap setia dengan produk atau jasa yang kita berikan, syukur-syukur para pelanggan tadi beralih menjadi fans yang selalu 'mengidolakan' produk/jasa kita. Dari sana selanjutnya keuntungan bisnis mengikuti kemudian.


Cobalah untuk mulai mendiversifikasikan produk atau jasa Anda. Tidak ada ruginya. Bahkan mungkin bisa memicu bisnis Anda untuk semakin tumbuh dan berkembang.


Demikianlah, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menginspirasi para pembaca sekalian. Salam Sukses Salam Pembelajar.


*)penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR