MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

BANGUN DAN PELIHARA ASET DIGITAL ANDA


BANGUN DAN PELIHARA ASET DIGITAL ANDA
Oleh : Peri Irawan*



Anda punya akun Facebook, Blog, Twitter atau Website Pribadi lainnya? Jika iya, bangun terus dan peliharalah. Itu merupakan aset Anda yang bisa sangat berharga di masa yang akan datang. Aset Digital, jenis aset baru di dunia yang baru.


Apa itu aset digital? Secara sederhana aset digital adalah segala hasil karya Anda, baik berupa tulisan, gambar-gambar olahan, program-program yang terkumpul dalam data-data yang bisa dioperasionalkan melalui alat-alat digital seperti Komputer. Smartphone, Notebook, Tab dan lain sebagainya.


Jika mendapatkan perhatian dan dikembangkan terus, aset digital berpotensi bisa membesar. Semakin banyak konten yang kita upload dan kita publikasikan semakin besarlah aset digital tersebut.


Bangun terus aset digital Anda, pelihara baik-baik terhadap isi/kontennya. Namanya aset, seharusnya hal tersebut mampu memberikan konstribusi kepada pemiliknya. Jika aset digital kita dinilai masyarakat memiliki manfaat dan bernilai solusi, maka bukan hal mustahil aset digital yang telah dikembangkan mampu memberikan banyak keuntungan.


Beberapa keuntungan tersebut :


1. Keuntungan finansial, yang bisa didapat dari berbagai sumber. Bisa dari papan iklan, referensi artikel/data yang digunakan pihak ketiga, dan lain sebagainya. Bahkan, mungkin bisa menjual produk-produk yang bermanfaat untuk banyak orang.


2. Keuntungan Reputasi. Aset Digital yang dikembangkan terus, mampu mendeskripsikan dan merefresentasikan pribadi pemiliknya. Semakin bagus isi/konten aset digital semakin mungkin banyak dikunjungi orang, dari sinilah pemilik aset digital semakin dikenal banyak orang, reputasi mengikuti dan bisa membawa si pemilik aset digital menjadi seorang narasumber, pakar/ahli, dan lain sebagainya .


3. Keuntungan aktualisasi diri. Saat seseorang mengkristalkan ide, pemikiran dan karyanya menjadi sesuatu yang nyata baik berupa konten, tulisan atau produk digital, maka secara langsung hal tersebut menjadikan seseorang mampu untuk mengaktualisasikan dirinya.


4. Keuntungan Jaringan. Dikala aset digital kita digunakan orang lain, maka secara tidak langsung kita sedang membangun jaringan diri kita sendiri. Kekuatan dari jejaring adalah kolaborasi potensi yang saling melengkapi. Ketika potensi membesar dan potensinya bisa dimanfaatkan, kekuatannya bisa sangat luar biasa.


Demikianlah sedikit hal berkenaan dengan keuntungan jika kita memiliki aset digital yang terus dibangun dan dipelihara. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Salam Sukses, Salam Pembelajar.


*) penulis adalah pengasuh blog www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL