MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

MENCATAT KEUANGAN BISNIS

MENCATAT KEUANGAN BISNIS
Oleh : Peri Irawan*




Mencatat adalah hal yang sederhana, namun banyak orang yang tidak melakukannya. Padahal sejatinya bagi seorang pebisnis pemula apapun bisnis yang dijalankannya, mencatat setiap transaksi bisnis mutlak harus dilakukan.




Pencatatan keuangan bisnis memberikan kita kemampuan untuk menganalisa, apakah bisnis yang sedang jalankan berada pada posisi bertumbuh atau hanya jalan di tempat (stagnan).




Sederhanakanlah. Belilah buku catatan yang bisa dimasukan dalam kantong saku baju kita, setidaknya buku yang bisa masuk dalam sebuah tas kecil yang bisa kita bawa ke mana saja. Berusahalah untuk mencatat setiap transaksi bisnis sekecil apapun jumlah dan besarnya. Dituliskan dan biasakan selalu menghitungnya di saat waktu senggang setelah melaksanakan bisnis.




Yang terpenting adalah mencatat selisih antara pemasukan dengan pengeluaran bisnis. Semakin besar pemasukan bisnis semakin bagus, dan demikian sebaliknya semakin kecil pengeluaran bisnis semakin bagus juga keadaan bisnis. Itu artinya profit/keuntungan bisnis semakin optimal.




Saya sendiri secara pribadi mencatat transaksi bisnis di aplikasi pengolah data yang tersedia di HP saya. Hal tersebut lebih praktis karena sifatnya yang otomatisasi. Saat memasukan data semua terhitung secara otomatis.


Keuntungan, prosentase keuntungan, hingga total seluruh transaksi dalam jangka waktu tertentu bisa diolah secara cepat.


Manfaatkanlah secara maksimal teknologi yang ada. Jika hal tersebut tampak mahal bagi Anda (pebisnis pemula biasanya terbentur modal yang serba terbatas), mencatat dan menghitung manual adalah alternatif terbaik yang bisa dilakukan.




Esensi yang terpenting adalah mencatat keuangan bisnis secara teratur dan konsisten. Tanpa pencatatan keuangan yang baik kita akan kesulitan dalam menemukan arah kemajuan bisnis secara detail. Apakah untung atau merugi?




Ayo kawan pebisnis, mulai sekarang kita ambil komitmen untuk mencatat segala hal terkait keuangan bisnis kita. Karena pada dasarnya Laporan dan Catatan Keuangan adalah alat monitoring kemajuan bisnis kita. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Salam Sukses Salam Pembelajar.




)* penulis adalah pengasuh blog www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR