MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

DI MANA SEHARUSNYA UANG KITA DIBELANJAKAN?


DI MANA SEHARUSNYA UANG KITA DIBELANJAKAN?
oleh : Peri Irawan*


Zaman telah berubah. Abad baru yang diberi nama abad millenium ini telah banyak merubah pola kebiasaan manusia. Dahulu di pelajaran sekolah dasar kita semua diajarkan bahwa namanya kebutuhan pokok manusia hanya berkutat di 3 (tiga) pilihan saja yaitu ; pangan, sandang dan papan. Namun saat ini kebutuhan pokok bertambah lagi 5 (lima) item. Sehingga total kebutuhan pokok manusia modern saat ini ada 8 (delapan) jenis kebutuhan pokok. Sebagai manusia yang hidup di era yang modern ini, kita semua tentu memiliki banyak kebutuhan. Dan untuk mencukupi kebutuhan hidup tersebut sebagian besar dari kita harus membayarnya dengan uang sebagai bentuk pertukaran nilai dan juga manfaat. Biasanya kita membayar semua kebutuhan tersebut dengan uang gaji yang kita dapat setiap bulan. Memang kita berhak dan bebas memilih barang atau kebutuhan apa saja yang akan kita beli dengan uang gaji yang kita terima. Namun alangkah bijaknya bila kita membelanjakan uang yang kita dapatkan dengan mengutamakan pemenuhan kebutuhan hidup pokok terlebih dahulu dari pada kebutuhan hidup sekunder ataupun tersier (mewah).


Adapun kedelapan kebutuhan pokok manusia modern saat ini meliputi ;


Pertama, kebutuhan pangan. Atau kebutuhan hidup akan ketersedian bahan makanan. Hal ini penting karena sebagai makhluk hidup kita harus makan untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Dan memang sudah kodrat manusia sebagai makhluk hidup adalah harus makan. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan makan ini kita harus meperhatikan kecukupan gizi, nutrisi, energi/kalori serta kebersihan makanan yang terjaga. Jadi anggarkan biaya tetap setiap bulannya untuk kebutuhan pangan agar tetap terpenuhi.


Kedua, kebutuhan sandang. Atau kebutuhan akan pakaian sebagai perlindungan badan dari suhu lingkungan yang ekstrim. Pakaian juga berfungsi sebagai nilai kesopanan, estetika, identitas diri dan status sosial. Ada baiknya bagi kita yang mampu secara finansial untuk membeli pakaian baru antara 3-4 bulan sekali. Hindari pakaian yang sudah tidak layak pakai dan rusak. Sehingga mengurangi fungsi pakaian sekaligus menjaga etika kita di dalam bermasyarakat. Pastikan biaya sandang (pakaian) terpenuhi termasuk juga biaya perawatannya.


Ketiga, kebutuhan papan (rumah tempat tinggal). Kebutuhan rumah tempat tinggal adalah mutlak bagi masyarakat modern saat ini. Hal ini guna menciptakan kenyamanan hidup dan menekan biaya yang tidak perlu sekaligus investasi terbaik bagi sebagian besar orang. Karena jika kita memiliki property (rumah tinggal) yang berada di lokasi yang tepat harga dan nilai rumah selalu naik setiap tahunnya. Termasuk biaya kebutuhan papan ini meliputi juga kesedian listrik, air dan gas. Kebutuhan papan ini harus terpenuhi. Ya.., minimal kita mengontrak rumah untuk menetap dan melewati hari-hari di kehidupan yang kita lalui.


Ke-empat kesehatan. Hal ini bisa meliputi berbagai biaya perawatan kesehatan/upaya menjaga kesehatan, biaya pengobatan dan juga pembelian polis asuransi untuk jiwa ataupun kecelakaan. Asuransi di zaman sekarang diperlukan, mengingat potensi rawan kecelakaan dan berbagai jenis macam penyakit yang sudah mulai menyebar di masyarakat. Terkadang penyakit yang diidap orang kaya (istilah kami) seperti ; penyakit jantung, diabetes, stroke dan lain-lain bisa juga terjadi pada kalangan kelas menengah dan warga masyarakat miskin. Bila kita tidak memiliki biaya proteksi (asuransi) saat hal yang tidak kita inginkan terjadi, hal itu dapat menguras gaji, tabungan, bahkan harta warisan yang kita miliki. Oleh karena itu jagalah kesehatan kita. Sehat itu murah, Sakit itu mahal. Yang murah itu tolong dijaga sebaik mungkin.


Kelima, komunikasi. Biaya ini meliputi pulsa telepon/handphone dan pulsa internetan untuk membina hubungan via jejaring sosial di dunia maya. Alat komunikasi dan internet saat ini menjadi kebutuhan pokok. Hal ini bisa dibuktikan dengan kepemilikan telepon seluler yang mencapai ± 180 juta orang dari total penduduk Indonesia sekitar ± 240 juta jiwa (sekitar 75% dari total jumlah penduduk) dan setiap tahun angkanya selalu bertambah. Dan ditambah menjamurnya counter-counter ponsel dan pengisian pulsa pra bayar sebagai indikator bahwa komunikasi menjadi kebutuhan pokok masyarakat modern.



Ke-enam, transportasi. Biaya ini meliputi biaya keperluan untuk mobilitas. Manusia modern perlu mobilitas. Biaya yang meliputi transportasi ini meliputi pembelian BBM untuk kendaran pribadi baik motor atau pun mobil, ongkos transportasi umum, tiket Kereta Api dan Pesawat Terbang. Biaya kebutuhan transportasi ini tergantung mobilitas yang kita perlukan tentunya. Asalkan tujuannya bukan untuk berhura-hura dan poya-poya semata.


Ketujuh, pendidikan dan pengembangan diri. Di zaman modern ini setiap orang wajib memiliki pendidikan yang memadai untuk hidup yang lebih baik. Dan juga perlu bagi setiap orang untuk mengembangkan diri agar lebih maju dan berkembang. Biaya kebutuhan pendidikan dan pengembangan diri ini meliputi biaya pendidikan SD, SMP dan SMA serta Perguruan Tinggi (PT). Pelatihan, Seminar maupun Workshop. Jika perlu, anggarkan setiap bulan untuk membeli buku-buku inspiratif dan buku-buku yang bisa menopang kemajuan profesi atau usaha kita.


Kedelapan, hiburan. Kesibukan manusia modern hampir terjadi di setiap lini kehidupan. Karena kepenatan dan kesibukan harian.., tingkat stress masyarakat modern pun menjadi lebih tinggi. Agar hidup lebih baik kita perlu keseimbangan. Pola hidup yang seimbang. Kebutuhan akan hiburan ini bertujuan untuk menyegarkan jiwa, men-charge spiritual dan memberikan kesenangan diri seperlunya. Anggarkan untuk biaya hiburan seperlunya setiap bulan untuk berkunjung ke tempat-tempat favorit kita, berpanorama indah dan juga tempat yang bisa membawa ketanangan batin bagi kita, walaupun hanya sesaat. Hal ini agar persepsi kita tentang hidup selalu segar dan mampu menghindarkan kita dari tekanan pekerjaan dan kesibukan sehari-hari.


Demikianlah para pembaca yang terhormat di mana pun Anda berada, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi bagi Anda semua. Salam Sukses Salam Pembelajar

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

  1. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  2. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar secara umum untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Courtesy: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    e_mail:[oktamira2030@gmail.com]

    ReplyDelete
  3. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR