MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

OTORITERIANISME POPULIS


OTORITERIANISME POPULIS

Oleh : Zamzam Miftahul Zanani*


Seekor anjing yang memohon keadilan kepada Tuhan karena dipukul dengan tongkat oleh seorang sufi, secara moral bisa bikin heboh. Reaksi spontan kita bisa bersifat populis, dan diam-diam memihak si anjing. Tapi, setelah Tuhan menyelidiki kasus ini, ternyata si anjing memiliki kesalahan ganda. Pertama, bahwa si anjing dipukul karena ia mengigit ujung jubah sang sufi dan merobeknya. Kedua, si anjing tidak mau dipukul karena sebagai seorang rohaniawan, sang sufi bersifat humanis mestinya tak usah marah sehingga memukul si anjing.

Ada tuntutan moral, bahwa sufi tidak boleh marah. Maka, si anjing pun “menjual” gagasan populisnya kepada Tuhan, memohon keadilan karena dia tidak berdaya. Kutipan kisah ini bukan hanya untuk memperkaya moralitas kita, melainkan juga untuk mempertajam analisis ilmiah kita terhadap gejala hidup. Bagi saya ini merupakan cerminan teori “blaming the victim”  (menyalahkan sang korban), yang sering tampil dalam bentuk pemutarbalikan fakta. Si penindas melapor sebagai sitertindas. Di sini, sikap maling teriak maling.

         
Inilah wujud “Otoriterianisme Populis” sebuah watak keji, dan culas, yang lebih berbahaya dari gigitan anjing gila itu sendiri. Semangat populis, yaitu pembelaan terhadap kepentingan pihak yang teraniaya, dan tak berdaya, terutama mayoritas yang tertindas dan diam, sudah jelas sangat penting bagi kita.
         
Saya bersedia membela perjuangan di bidang itu. Tapi bila semangat dan jiwa, atau watak populis itu diwarnai sikap otoriter, tentu saja tidak menarik. Ia merupakan bibit perilaku sosial politik yang langsung menusuk ulu hati demokratisasi. Dan mungkin bisa mematikannya, karena terhadap kata itu orang sudah bersifat skeptis sejak konsep itu masih dalam kandungan (ibarat). Apalagi bila ia tampil dalam  bungkusan populisme yang terang-terangan palsu, yang mengkhianati proses demokrasi.

Dilihat secara normatif, kita bisa merasakan rumitnya dilema moral seorang sufi yang memukul anjing. Tapi dari segi analisis sosial, diperkuat dengan penjelasan mengenai watak culas dan kepalsuan si anjing yang sok populis tadi, apa boleh bagi saya membela sang sufi?

Bagi saya, dialah, dan bukan si anjing yang tertindas dan teraniaya. Si anjing mungkin simbol orang yang dengki pada sang sufi yang sengaja memfitnah, dan mengoyak-ngoyak jubah kejujuran dan ketulusan sufi tersebut. Jubah dalam kisah ini bukan Cuma sepotong kain lusuh melainkan kehormatan yang merupakan nilai sentral dalam sang sufi. Ia sengaja tak enggan mengambil resiko dikecam komunitas kaum rohaniawan, atau publik yang lebih luas lagi. Sebab ia merasa sedang berbicara perkara kebenaran yang tak buta, dan tak pernah tidur. Kebenaran selalu melambai-lambai minta diperjuangkan dengan gigih, dengan segenap resiko.


         
Otoriterianisme populis bungkusnya tampak seperti pemihakan pada teori atau ideologi populis, membela kepentingan kelompok tertindas tapi didalamnya ada kepalsuan dan manipulasi. Disana kepentingan pribadi memanipulasi gagasan populis untuk meraih pemihakkan emosional. Ia bisa menyusup di organisasi atau kelompok-kelompok yang lebih mengedepankan amarah  dan kekecewaan akibat ketimpangan sosial di masyarakat.

Sebagai watak, gagasan otoriterianisme populis sudah menggejala sejak lama. Kita tahu, bila sebuah mobil mewah menyenggol sepeda motor atau becak dan sebagainya, apalagi mobil mewah itu pemiliknya seorang keturunan beretnis China. Maka hancurlah pemilik mobil itu meskipun bukan dia yang salah. Ini hukum liar kita yang saat ini berlaku di masyarakat kita pada umumnya.

Di zaman reformasi ini, sikap otoriter berkembang di masyarakat kita. Apa yang dianggap kepentingan orang banyak, masyarakat, publik, serikat, himpunan, atau asosiasi. Selalu disetengahsucikan, dan dianggap tak mungkin salah. Kita diam-diam mengklaim kebenaran mutlak di tangan kita. Sikap ini lahir setelah reformasi berkembang dalam masyarakat. Ini gejala penting yang menjelaskan bahwa pada sebagian dari kita, sebagai bangsa masih tetap mengidap secara akut gejala psiko-patologi yang tampil dalam bentuk mentalitas orang terjajah. Kita dijangkiti penyakit ketidakmampuan  membebaskan diri dari keterjajahan kultural maupun politik di masa lalu.

Kita tidak mampu mengembangkan diri menjadi manusia merdeka, dan bebas dari dengki dan dendam. Tampaknya memang sulit mengembangkan sikap damai sekarang, bahkan sekedar damai dengan diri sendiri sekali pun. Sekarang muncul dimana-mana aneka macam organisasi yang menempatkan hak-hak, pemberdayaan, perwakilan rakyat dan komunitas sikap membela gagasan populis lainnya pada inti perjuangan mereka. Maka kita harus membuat pemetaan (mapping) untuk mengidentifikasi mana yang sehat secara sosial politik, mana yang tidak, mana yang murni dan mana yang sekedar menjadi kendaraan politik penggeraknya. Didaerah-daerah, kita tahu. Sekarang orang mengeluh terhadap sikap otoriter yang mengenakan jubah populis tadi. Otoriterianisme populis ibarat anjing gila yang berkeliaran dan sudah banyak mencelakakan banyak pihak. Saya pun sudah merasakan gigitan yang sungguh berbisa. Maka, bila harus memilih jelas saya memilih menjadi sufi yang memukul daripada menjadi anjing yang memfitnah dan memperkarakan sang sufi pada Tuhan.

“Sebenarnya Kami melontarkan yang hak kepada yang
batil lalu yang hak itu menghancurkannya maka dengan
serta merta yang batil itu lenyap.
( Surah al-Anbiya: 18 )

“Mereka menjalankan tipu daya dan Allah mengagalkan 
tipu daya (mereka), kerana Allah sebaik-baik yang mengagalkan tipu daya.”
( Surah al-Anfal: 30 )

“Dan mereka telah merancangkan rancangan jahat, dan Kami pula 
rancangkan balasannya dengan seburuk-buruk balasan, sedang mereka 
tidak menyedarinya. Maka lihatlah bagaimana akibat rancangan jahat 
mereka. Yaitu Kami telah hancurkan mereka dan kaum mereka semuanya.”
( Surah an-Naml: 50-51 )

*) Penulis adalah Kontributor untuk www.visionerpd.blogspot.com

Comments

  1. DI CARI TIM LEADER DI KOTA ANDA YG SIAP BERPARTNER BISNIS PT. KIENS INTERNASIONAL ๐Ÿ“ฒ 085277553117
    *๐Ÿ’ฅ๐Ÿ†KIENS๐Ÿ’ฅ๐Ÿ†*
    ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‘‰๐Ÿ†Segera ambil peluangnya
    Team Kami siap membantu, membimbing Anda hingga sukses meraih reward CASH dan MOBIL CASH bersama PT KIENS KAPUPON INTERNASIONAL
    ๐Ÿ’ช๐Ÿ˜ JAGA SEMANGAT,
    ๐Ÿ’ช๐Ÿ†TETAP BEKERJA,
    ๐Ÿ’ช♥️FOCUS PADA TUJUAN AKHIR SUKSES BERJAMAAH....
    ๐Ÿš˜๐Ÿš˜๐Ÿš˜⛽ RAIH MOBIL CASH KEPEMILIKAN KENDARAAN PRIBADI BERSAMA KIENS ⛽๐Ÿš˜๐Ÿš˜๐Ÿš˜
    Anda sedang mencari Usaha Real dan Online tanpa harus keluar Uang Banyak??
    Anda adalah orang yang sangat beruntung menemukan peluang bisnis ini.
    PT KIENS KAPUPON INTERNASIONAL INDONESIA
    MODAL HANYA 1.8 JUTA Dapat 1 PRODUK SENILAI 2.250.000 + 1HU
    SEDANG BOOMING๐Ÿ†
    ☑ Satnya Lock Posisi
    ☑ Ingin punya bonus besar di BISNIS KIENS NETWORK jadilah leader awal
    ➡️APA KELEBIHAN BERGABUNG BERSAMA PT KIENS KAPUPON INTERNASIONAL ❓❓
    ✅Modal Terjangkau semua kalangan
    ✅Waktu Fleksible,Tidak menggangu Pekerjaan Utama
    ✅Bisa di Jalani oleh Pria dan Wanita
    ✅Ijin Lengkap, SIUP, SIUPL, APLI, AP2LI
    ✅Produk Berkualitas BPOM RI & MUI, GMP, HACCP & ISO
    ✅Tanpa Tutup Poin, Tanpa Automaintenance
    ✅Bonus Dibayar Perhari Langsung masuk rekening tanpa WD
    ✅Auto Reward Mulai 170 JUTA Hingga 3.9 MILYARD
    ✅KIENS Punya Strategi Sukses, Jadi jgn khawatir gimana cara Jalani nya? Anda tinggal mengikuti system yg telah ada..
    ---------------------------------------------------
    ๐Ÿ˜๐Ÿ’ช๐Ÿ˜˜Bisnis Kiens Bisnis Masa Depan, Raih Reward Mobil Cash Gratis Tanpa NyiciL CALL wa 0852-7755-3117
    ๐Ÿ‘‰๐Ÿš—๐Ÿš—๐Ÿš—Banyak sekali yang pengen punya Mobil Sendiri. Dengan berbagai alasan.
    Tapi...
    Masih belum punya duitnya❓‼️
    Gaji pas-pasan ‼️
    *Apakah Anda salah satunya ?*
    InsyaAllah ada
    CARANYA DISINI๐Ÿ‘‡
    Cukup bergabung dengan Program *Kiens MoCash* dengan cara membeli paket produk atau Hak Usaha Rp 1.800.000,-
    *Take Position Now!!*
    Untuk informasi hub : TEAM FOUNDERS KIENS NETWORKS ๐Ÿ“ฒ0852.7755.3117
    ⏳⌛Reward Akumulasi tanpa batas Waktu, cepat lambat pasti capai.
    ๐Ÿ•›๐ŸŽฏAyoo Segera Kunci Position dan Join di Kiens International, Anda pasti Bisa Sukses dan mencapai impian Anda di sini .
    ๐ŸคนMaster Stokist PT. KIENS KAPUPON INTERNASIONAL
    ๐ŸคนTop Leader PT. KIENS KAPUPON INTERNASIONAL
    ๐ŸคนCo-Founder PT. KIENS KAPUPON INTERNASIONAL
    Call ๐Ÿ“ฒ+62852-7755-3117
    Whatsapp /๐Ÿ“ฒ +62852-7755-3117
    ✔️https://kiensteamfounders.wordpress.com
    ✔️https://bit.ly/2lyuSfD
    Agen Distributor Stokist Resmi PT. KIENS KAPUPON INTERNASIONAL

    #daftarKIENS085277553117 #KIENSmedan #KIENSsumut #leaderKIENS #KIENStebingtinggi #KIENSpematangsiantar #KIENSsimalungun #KIENSkabanjahe #KIENSaceh #KIENSbandung #KIENSciamis #KIENStimika #KIENSbanjarmasin #KIENSkisaran #KIENSrantauprapat #KIENSsamosir #daftarKIENS
    #bisnismlm #bisnismlmterbaru #bisnismlm2019 #bisnismlmterbaik #bisnismlmterbaru2019 #bisnismlmterbaik2019 #bisnismlmdiindonesia #bisnismlmtiens #bisnismlmpenipuan #bisnismlm2019booming #bisnismlmonline #bisnismlmdalamislam #bisnismlmharam #bisnismlmnuskin #bisnismlmoriflame #bisnismlmterbaikdiindonesia #bisnismlmberas #bisnismlmmelia #bisnismlmbarulaunching2019 #bisnismlmmvp #bisnismlmbaru2019 #bisnismlmadalah #bisnismlmapakahhalal #bisnismlmamway #bisnismlmapakahharam #bisnismlmatomy #bisnismlmalmira #bisnismlmamoorea #bisnismlmapakahriba #bisnismlmaagym #ecoracing #bisnisecoracing #maximax Founder Kiens Indonesia #Kiens #International #KiensOfficial Batam #KiensLeaderBatam #KiensAdminBatam #KIENSINTERNATIONAL #Inboxme Kiens

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR