MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

MEMANFAATKAN KEKUATAN JEJARING SOSIAL


MEMANFAATKAN KEKUATAN JEJARING SOSIAL
oleh : Peri Irawan*




Kecanggihan serta kemajuan teknologi informasi dan internet sangat mengagumkan. Dalam 2,5 (dua setengah) dasawarsa terakhir ini terobosan-terobosan fenomenal di kedua teknologi ini menjadi hal yang lumrah dan dicermati banyak pihak. Dan yang paling dahsyat dari terobosan itu adalah adanya perkembangan mengenai pemanfaatan jejaring sosial di dunia maya.


Dari jejaring sosial inilah setiap orang bisa berekspresi dan berkreasi. Mulai dari sekedar tanya khabar, menyapa, hingga terciptanya kesepakatan bisnis bernilai miliaran rupiah. Dengan jejaring sosial setiap orang dapat saling terhubung (connected). Bisa berbagi kisah, pengalaman hidup, informasi pribadi terkini, share foto/gambar dan video, berbagi bermacam-macam data, saling menginspirasi, berkumpul bahkan menggalang aksi gerakan sosial masyarakat yang paling efektif dan paling cepat untuk mendapatkan dukungan. Mislanya ; pengumpulan koin peduli Mbak Prita Mulyasari, koin untuk gedung KPK, hingga dukungan Pulau Komodo menjadi 7 Keajaiban Dunia di PBB. Apalagi setiap jejaring sosial saat ini dilengkapi fasilitas yang semakin memanjakan para pengunjungnya, khususnya para netter yang sering terkoneksi ke Internet.

Karenanya hal yang wajar, dalam rangka pengembangan diri. Mulai dari sekarang kita semua menggunakan fasilitas kekuatan jejaring sosial dengan semaksimal mungkin. Sehingga manfaatnya dapat terasa bagi aktivitas kehidupan kita. Inilah beberapa alasan mengapa kekuatan jejaring sosial ini perlu kita manfaatkan ;


Pertama. Jejaring sosial menegaskan bahwa setiap individu itu unik dan spesial. Setiap individu dinilai memiliki jalan hidup, ciri-ciri spesifik dan aturan prinsip hidup yang berbeda-beda. Maka-nya jejaring sosial selalu menyediakan ruang yang cukup untuk privasi dan segala kebutuhan komunikasi kita. Selain itu jejaring sosial biasanya menambahkan juga kebijakan apakah hal yang berkaitan dengan hidup kita itu akan dibagikan ke publik atau hanya untuk konsumsi kepentingan pribadi.


Kedua. Jejaring sosial menerobos batasan komunikasi dan pergaulan. Setiap orang bisa berkomentar atau mengomentari setiap orang, asalkan sudah berteman, S-I-A-P-A_P-U-N..! Dari mulai seorang pemulung (tentunya yang bisa online ya!) sampai Presiden sekalipun. Dalam jejaring sosial, orang yang paling introvert (terkadang malu-malu) pun malah bisa menjadi orang yang paling aktif ngomong dan berkicau. Padahal kalau di dunia nyata, si introvert tadi pendiam dan ga banyak bicara. Di jejaring sosial status ekonomi dan status sosial nggak menjadi ukuran. Yang menjadi ukuran adalah keaktifan, eksistensi dan interaksi seseorang dalam komunitas jejaring sosial yang diikutinya.
  

Jejaring Sosial dibangun atas rasa saling berbagi


Ketiga. Jejaring sosial adalah sarana untuk berbagi segala hal yang terbaik dalam kehidupan. Misalkan kisah hidup, pengalaman pribadi, foto/gambar aktivitas, pendapat, selebrasi kesuksesan diri, video dan lain-lain. Jangan pernah anggap remeh hal yang kita posting/up date di dunia jejaring sosial. Terkadang kalimat motivasi yang sedikit dan terkesan sepele pun bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan dukungan saat menghadapi masalah-masalah yang pelik dalam kehidupannya.


Ke-empat. Jejaring sosial merupakan media berbisnis yang efektif dan murah meriah. Jejaring sosial memudahkan kita untuk menginformasikan produk dan jasa layanan yang bisa kita berikan. Sekali share seluruh teman yang menjalin persahabatan kita bisa mengetahui dengan cepat produk-produk dan jasa yang kita tawarkan. So.., manfaatkan jejaring sosial dari sekarang. Di masa depan nanti iklan di jejaring sosial bakalan jadi primadona setelah iklan di media massa khususnya televisi.


Kelima. Jejaring sosial juga bertindak sebagai media bagi kita untuk mengembangkan diri. Sekaligus juga wadah penempaan diri yang cukup efektif. Jejaring sosial menyediakan fasilitas kita untuk mengeluarkan pendapat, berlangganan situs-situs yang menyediakan informasi bermanfaat buat kita, tempat menulis opini pribadi, dan ada juga fasilitas untuk berbisnis, bahkan bisa untuk membuat dan megelola komunitas.


Ayo…, manfaatkanlah kekuatan jejaring sosial dengan bijak. Jadilah pelopor untuk mengispirasi sesama.


Demikianlah para sidang pembaca yang terhormat, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi bagi Anda semua. Salam Sukses Salam Pembelajar

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR