MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

APA RESOLUSI ANDA DI TAHUN 2013?


APA RESOLUSI ANDA DI TAHUN 2013?
oleh : Peri Irawan*


Hampir di setiap malam tahun baru banyak orang merayakannya. Ada yang sekedar jalan-jalan, berlibur ke tempat-tempat pariwisata, berbelanja di mall, konvoi di jalanan bersama teman-teman, bakar-bakar ikan atau jagung, bahkan ada juga yang begadang semalaman tanpa aktivitas khusus agar tidak ketinggalan melalui detik-detik pertama di tahun baru nanti. Sekitar beberapa jam lagi kita semua akan meninggalkan tahun 2012 dan menuju tahun 2013. Perayaan tahun baru terjadi di mana-mana. Semua orang bersuka cita dan hanyut dalam kegembiraan.



Namun apa boleh dikata, terkadang meriahnya perayaan awal tahun hanya ada sedikit orang yang mempersiapkan diri membuat rencana besar untuk melalui hari-harinya di tahun 2013 mendatang. Jarang sekali dari kita yang membuat resolusi atau beberapa rencana yang akan dieksekusi untuk mengisi kegiatan tahun baru tersebut. Rencana-rencana yang akan memberikan efek signifikan bagi mereka yang membuatnya. Yaitu untuk pencapaian prestasi yang lebih baik di masa yang akan datang. Oleh karena itu maka melalui artikel ini penulis mengajak para pembaca yang terhormat untuk membuat resolusi di tahun 2013 mendatang. Ada beberapa hal penting yang bisa kita lakukan untuk kita jadikan resolusi di tahun 2013 besok, diantaranya yaitu :


Pertama, membuat resolusi pencapaian target keuangan yang baru. Hal ini sangatlah penting. Uang memang bukan segala-galanya. Tapi saat ini segala-galanya membutuhkan uang untuk merealisasikannya. Kita bisa menargetkan untuk memiliki sumber keuangan yang baru, jumlah uang di rekening tabungan yang lebih besar, membangun usaha/bisnis, atau bahkan mendapatkan gaji yang lebih baik di tahun depan. Bagi penulis dan tim Visioner Multimedia, resolusi target keuangan 2013 kami adalah menciptakan arus kas positif harian. Sumber penghasilan yang mengalirkan uang setiap hari untuk kami.


Kedua, merencanakan pencapaian target peningkatan kemampuan diri. Kemampuan diri yang baru ataupun kemampuan lama dengan keahlian yang lebih tinggi. Keahlian apa yang ingin kita kuasai di tahun 2013 besok? Apakah semakin ahli dalam bidang pekerjaan yang sedang digeluti, jago dalam bidang IT dan komputer, atau ahli dalam menjual dan berbisnis? Terserah apa pilihan kita. Yang penting pilihan itu mampu meningkatkan kemampuan diri kita. Di mana kita memilih untuk berkembang. 

Bagi penulis dan tim Visioner Multimedia, resolusi peningkatan kemampuan diri tahun 2013 kami adalah secepat mungkin untuk menguasai teknik trading di pasar valuta asing (valas) dan mancapai kegembiraan dengan mencetak laba setiap hari. Benar juga apa yang dikatakan group band Zamrud dalam lirik kedua lagunya yang berjudul NINGRAT kurang lebih begini bunyi liriknya “…Pak’e… Bu’e.. dulu nenteng keris.., sekarang nenteng compo, dulu ngitungin girik sekarang mainin valas..”. Hehe….


Ketiga, membuat target pencapaian untuk mengunjungi tempat-tempat favorit terbaik kita. Jalan-jalan untuk mengetahui luasnya dunia membuat hidup kita lebih bijaksana. Buatlah rencana untuk melakukannya. Rekreasi itu penting untuk kesehatan, memberikan rasa fresh bagi otak kita dari kesibukan harian, menambah wawasan, media pembelajaran sosial, untuk mengetahui adat istiadat dan kebiasaan masyarakat lain serta manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan. Resolusi penulis dan tim Visioner Multimedia di tahun 2013 adalah mengunjungi situs-situs atau tempat bersejarah dan tempat eksotis di wilayah Provinsi Banten. Provinsi di mana kami lahir ini masih muda usianya sebagai provinsi dan juga masih perawan wilayahnya karena belum terjamah banyak orang. Banyak potensi yang harus digali dan diperkenalkan kepada dunia luar betapa indahnya alam bumi ranah Banten kami.


Ke-empat. rencana resolusi kesehatan kita. Tanpa kesehatan yang baik, segala hal berkaitan dengan kekayaan, waktu luang dan kebahagian menjadi berkurang nilai manfaatnya. Oleh karena itu rencana kita untuk lebih sehat di tahun 2013 mendatang sangat perlu direalisasikan. Target penulis pribadi untuk resolusi kesehatan tahun 2013 besok adalah menurunkan berat badan sebanyak ± 5 – 10 Kg. Saat ini berat badan penulis sudah mencapai 70 Kg, seharusnya berat badan yang ideal adalah antara 60 – 65 Kg. Rumus berat badan ideal adalah (tinggi badan – 100) X 90%. Misalnya tinggi badan anda 170 maka berat ideal anda kira-kira antara 63 – 67 Kg. Berat badan ideal membuat kita bergerak lebih leluasa, metabolisme tubuh lebih lancar karena tidak terlalu banyak beban dan kita pun lebih mudah untuk beraktivitas, lebih lincah dan juga semakin aktif.


Kelima, resolusi eksistensi 2013. Apa karya yang akan kita hasilkan di tahun 2013 mendatang? Lebih baik pikirkan dari sekarang.., jangan sampai hari-hari di tahun 2013 yang kita miliki, yang banyaknya ±365 hari dilalui tanpa karya yang berarti. Eksistensi hidup kita bukan diukur dari apa yang kita dapatkan dari kehidupan, tetapi diukur dari apa yang telah kita berikan/hasilkan kepada kehidupan ini. Usahakan bagi kita semua, jangan hanya dikenang melalui tulisan batu nisan di atas tanah kubur kita, tetapi dikenang dari hasil-hasil karya terbaik yang bisa kita lakukan bagi kehidupan kita. 

Bagi penulis dan tim Visioner Multimedia, target eksistensi diri 2013 kami adalah mencetak segera buku yang inspiratif dan bermanfaat yang sudah kami buat draftnya sejak 2010 yang lalu. Semoga buku kami nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat Banten dan Rakyat Indonesia.


Ke-enam, rencana resolusi hubungan sosial. Apakah untuk hubungan keluarga yang lebih baik atau berhubungan dengan orang-orang yang kita kagumi, yang menjadi panutan agar hidup kita menjadi lebih baik. Target penulis dan tim Visioner Multimedia adalah terciptanya hubungan baik dengan kru Radio Komunitas RJFM, bisa mengikuti acara Bapak Mario Teguh Golden Ways di Metro TV dan ikut pelatihan Bapak Tung Desem Waringin bersama-sama.


Itulah 6 (enam) resolusi pribadi penulis dan tim Visioner Multimedia di tahun 2013 mendatang. Apakah resolusi 2013 Anda? Ayo.., buat sekarang juga. Hidup yang baik adalah hidup yang terencana di mana satu persatu apa yang kita mimpikan terwujud menjadi kenyataan. Namun, untuk membuat sesuatu terjadi kita perlu membuat rencananya agar bisa mewujudkannya. Karena apa yang bisa dipikirkan bisa juga kita wujudkan.


Demikianlah para sidang pembaca yang terhormat, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi bagi Anda semua. Salam Sukses Salam Pembelajar

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR