MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

MERUTINKAN KEBIASAAN BAIK DAN POSITIF SETIAP HARI


MERUTINKAN KEBIASAAN BAIK DAN POSITIF SETIAP HARI
Oleh : Peri Irawan*


Kebiasaan adalah tindakan otomatis dan berulang-ulang.

Kebiasaan adalah rangkaian tindakan yang dilakukan secara otomatis dan berulang-ulang. Biasanya polanya selalu sama. Kebiasaan ada yang baik dan ada juga yang tidak baik untuk dilakukan. Bahkan ada juga kebiasaan yang kurang baik tetapi dianggap lumrah dan dikerjakan oleh banyak orang. Misalnya saja kebiasaan merokok, meskipun kurang baik tetapi banyak orang yang melakukannya. Kenapa merokok kurang baik? Hal ini jelas karena merokok dapat merugikan kesehatan si perokok dan juga orang-orang di sekitarnya. Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang kebiasaan merokok dan efek negatifnya. Kali ini kita akan membahas tentang manfaat merutinkan kebiasaan baik dan positif yang dilakukan setiap hari. Serta pemahaman lainnya apabila kita menjalankan kebiasaan baik dan positif tersebut dalam jangka waktu yang lama.


Kebiasaan dimulai dari tindakan seseorang. Karena dianggap memberikan manfaat bagi yang melakukannya. Maka tindakan tadi dilakukan kembali, awalnya butuh penyesuaian untuk melakukannya. Lambat laun tindakan itu diulangi lagi, diulangi lagi dengan lebih mudah dari yang pertama, hingga intensitasnya semakin sering. Dari sinilah kebiasaan dibentuk. Ibarat coran tembok beton, yang pada awalnya mudah rapuh dan mudah diruntuhkan oleh kita hanya dengan palu kecil. Namun jika terus ditambah volumenya dan dibiarkan mengering maka campuran tembok beton tersebut akhirnya menjadi keras dan kuat, sehingga kita menjadi sulit untuk meruntuhkannya. Begitupun dengan kebiasaan yang kita lakukan. Ketika sudah menjadi kebiasaan akan sulit untuk mengubahnya. Yang terpenting adalah kebiasaan yang kita lakukan adalah kebiasaan yang baik dan positif. Tindakan yang kita lakukan, entah itu baik atau buruk apabila sudah menjadi kebiasaan maka hukum alam yang berlaku kepadanya tetaplah sama. Ada efek yang harus kita terima karena melakukan hal tersebut berulang-ulang, untuk mendapatkan konsekuensi yang baik maka hendaknya hanya kebiasaan baik dan positif saja yang kita lakukan setiap hari.

Memulai kebiasaan yang baik dan positif setiap hari.

Mari kita, mulai merutinkan kebiasaan yang baik dan positif setiap hari. Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan melakukan kebiasaan yang baik dan positif setiap hari. Dari segi spiritual, kesuksesan, hubungan sosial dan juga kesehatan kita. Mari kita bahas satu persatu.

Pertama, manfaat kebiasaan baik dan positif dari segi spiritual. Setiap agama mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa mengerjakan kebajikan kapan dan dimanapun umatnya berada. Karena mereka yang melakukan kebaikan akan mendapatkan ganjaran dari Tuhan yang Maha Kuasa. Ada yang menyebutnya pahala ada juga yang menyebutnya karma baik, apapun sebutannya tujuannya sama yaitu mendapatkan kebaikan dan kasih sayang Tuhan yang Maha Baik. Kebiasaan baik dan positif yang kita lakukan setiap hari memberi efek spiritual yang menyebabkan ketenangan batin dalam diri kita. Optimis menjalani hidup dan percaya serta yakin setiap perbuatan baik yang kita lakukan akan dibalas dengan kebaikan yang lebih banyak kepada kita. Umat muslim percaya bahwa 1 (satu) kebaikan akan dibalas oleh Allah S.W.T sebanyak 10 (sepuluh) kali kebaikkan kepada dirinya. Inilah yang menegaskan kalimat motivasi yang sering kita dengar ; “banyaklah engkau memberi maka engkau akan banyak menerima.” Dari sinilah kita akan melihat, mereka yang senantiasa melakukan kebiasaan baik dan positif setiap hari hidupnya akan tenang, bermakna, manfaat dan menginspirasi.

Kedua, kebiasaan baik dan positif mempercepat proses kesuksesan kita. Seperti telah disinggung sebelumnya, hukum alam berlaku bagi kebiasan yang kita lakukan. Berlaku bagi kebiasaan baik ataupun kebiasaan yang tidak baik. Ada hukum akumulasi, misalnya saja kebiasaan membaca dan belajar adalah termasuk kebiasaan baik. Jika kebiasaan ini terakumulasi kita akan mendapatkan manfaat dengan keluasan wawasan dan ilmu pengetahuan, kebijakan dalam setiap mengambil tindakan, dan menghindari melakukan kesalahan untuk kedua kalinya karena kita sudah belajar dari kesalahan sebelumnya. Contoh lainnya apabila kebiasan baik kita adalah berolahraga dengan teratur dan rutin maka manfaat yang kita terima adalah tubuh lebih bugar, lebih sehat dan lebih cekatan. Akhirnya kita bisa melakukan aktivitas dengan leluasa dan lebih tanggap. Sehingga hal ini ikut menunjang dalam proses pencapaian kesuksesan kita di setiap bidang dalam kehidupan ini. Contoh selanjutnya apabila kita memiliki kebiasaan untuk berinvestasi dan menabung secara rutin, maka hasil skor akhirnya adalah banyaknya jumlah uang yang ada di dalam rekening kita dan bertumbuhnya aset-aset produktif yang menghasilkan arus kas positif.


Ketiga, kebiasaan baik dan positif memperkuat hubungan sosial kita dengan berbagai kalangan. Membiasakan hidup jujur sejak dini berarti memupuk reputasi untuk kejayaan di masa yang akan datang. Kepercayaan adalah barang yang mahal. Segala hal dalam hubungan sosial kita akan lancar dengan kebiasaan baik dan positif yang kita miliki, bukan hanya dari bersikap jujur. Bisa juga dengan kebiasaan sering berterima kasih, kebiasaan bersilaturahmi, kebiasaan saling membantu dan menolong. Kebiasaan baik dan positif ini akan semakin meneguhkan hubungan sosial kita di lingkungan masyarakat kita. Kita adalah makhluk sosial, tanpa bantuan orang lain kita tidak pernah akan tumbuh menuju potensi terbaik kita. Oleh karena itu, milikilah kebiasaan baik dan positif untuk terus membina hubungan kita dengan sesama. Semakin rutin dan teratur kebiasaan baik dan positif yang kita lakukan akan semakin baik pencapaian kita di masyarakat.

Ke-empat, kebiasaan baik dan positif dapat menyehatkan tubuh kita. Menurut penelitian, saat kita melakukan tindakan baik bersedekah/berderma tubuh kita akan mengeluarkan hormon yang disebut endorphin. Hormon yang memiliki struktur kimia yang sama dengan morfin. Konon, hormon endorphin ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan merangsang rasa bahagia, layaknya kerja morfin. Hanya saja tidak menimbulkan efek kecanduan bagi tubuh kita. Itulah sebabnya mengapa saat kita melakukan sebuah tindakan kebaikan kita akan merasa bahagia. Jika kebiasaan baik dan positif itu terus kita lakukan setiap hari maka kita akan lebih sehat baik secara fisik dan juga psikis.

Itulah manfaat dari melakukan kebiasaan baik dan positif setiap hari. Kebiasaan baik dan positif adalah tindakan produktif. Produktifitas yang kita hasilkan akan menjadi nilai plus untuk kebaikan dan kesuksesan kita di masa depan. Dan benih-benih sukses yang akan berbuah dengan lebat saat waktunya tiba nanti. Jadi lakukanlah secara rutin kebiasaan baik dan positif setiap hari, dan nikmatilah manfaatnya.

Demikianlah, semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian di mana pun Anda berada. Salam Sukses Salam Pembelajar.

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

  1. Secara tidak langsung kebiasaan yang baik dan positif dapat membangun produktivitas sesorang. Ikuti Cara Melatih Habit Produktif untuk meningkatkan tingkat keproduktivanmu!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR