MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

CERDAS FINANSIAL ALA ROBERT T. KIYOSAKI



CERDAS FINANSIAL ALA ROBERT T. KIYOSAKI
Oleh : Peri Irawan*


Siapa yang tidak mengenal Robert T. Kiyosaki bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis, investasi, keuangan dan property? Robert T. Kiyosaki adalah pengarang kenamaan yang bukunya menjadi best seller dunia. Buku seri Rich Dad, Poor Dad yang edisinya sudah mencapai dua puluhan judul, telah menginspirasi puluhan juta orang di seluruh dunia agar memperhatikan pendidikan finansialnya khususnya hal yang berkaitan dengan kecerdasan finansial. Robert T. Kiyosaki bisa dibilang merupakan salah satu guru keuangan dan investasi terbaik di dunia saat ini. Pemaparannya tentang bisnis, investasi, keuangan dan property menjadi rujukan bagi para pebisnis dan investor di seluruh dunia. Bahkan seorang pengusaha besar Amerika Donald Trump pun menyarankan agar setiap orang yang mengalami permasalahan keuangan membaca buku-buku karangan Robert T. Kiyosaki tersebut. Lalu dimanakah Robert T. Kiyosaki mempelajari tentang investasi, keuangan, bisnis dan property? Konon Robert T. Kiyosaki mempelajarinya dari salah satu orang tua temannya yang bernama Mike, dan Robert T. Kiyosaki menyebutnya dengan “Ayah Kaya”.

Lalu apa inti Kecerdasan Finansial yang diajarkan oleh Robert T. Kiyosaki :

Pertama. Robert T. Kiyosaki mengajarkan “orang kaya tidak bekerja untuk uang, mereka memiliki uang yang bekerja untuk mereka”. Artinya orang yang benar-benar kaya secara finansial, tidak bekerja untuk uang. Mereka menggunakan uangnya dengan se-efektif mungkin untuk menghasilkan uang yang lebih banyak bagi mereka.

Kedua. Robert T. Kiyosaki mengajarkan “orang kaya mengerti perbedaan antara aset dan liabilitas”. Bagi Robert T. Kiyosaki versi aset bagi dirinya, tidak sama dengan pengertian aset menurut akuntansi pada umumnya. Robert T. Kiyosaki mengatakan mengenai pengertian Aset dan Liabilitas (Kewajiban) sebagai berikut :

Aset adalah segala sesuatu yang memasukkan uang ke dalam kantong Anda, dan
Liabilitas (kewajiban) adalah segala sesuatu yang mengeluarkan uang dari kantong Anda.

Ketiga. Robert T. Kiyosaki mengajarkan “Uruslah Bisnis Anda Sendiri”. Dalam hal ini Robert T. Kiyosaki menekankan kepada setiap orang agar mempertahankan dan mengurus kolom aset dalam laporan keuangan mereka. Menciptakan aset-aset riil yang benar-benar menghasilkan uang di dalam kolom aset mereka. Gambarannya bisa kita lihat melalui ilustrasi di bawah ini.


Ke-empat. Robert T. Kiyosaki mengajarkan “orang kaya memahami sejarah pajak dan mengetahui kekuatan korporasi”. Mereka yang benar-benar kaya tahu bahwa ada celah pajak bagi korporasi dan korporasi diuntungkan dengan aturan pajak yang legal. Orang kaya menyimpan asetnya dalam bentuk perusahaan, karena ketentuan pajak menguntungkan bagi para pemilik perusahaan.

Kelima, Robert T. Kiyosaki mengajarkan “orang kaya menciptakan uang dengan cara mereka sendiri, dengan cara yang sah”. Para pemilik perusahaan besar, setelah bisnisnya berjalan dengan kuat mereka akan menjual aset perusahaannya dalam bentuk saham. Saham itu kemudian dijual dengan harga tertentu kepada para investor. Saham tadi akhirnya memiliki nilai dan harga selanjutnya saham tersebut menambah modal bagi si pemilik perusahaan. Jadi terbukti orang kaya menciptakan uang dengan cara mereka sendiri dengan cara yang sah.

Ke-enam. Robert T. Kiyosaki mengajarkan “orang kaya bekerja untuk belajar, bukan untuk uang”. Pada awalnya orang kaya memang bekerja untuk uang, tentunya untuk menghidupi kebutuhan hidup mereka. Namun pada akhirnya orang kaya bekerja untuk mempelajari sesuatu yang akan menghasilkan uang bagi mereka. Mereka mencoba memahami sistem kerja atas segala sesuatu, mereka mencoba memahami kaitan (sebab-akibat) di dalam dunia bisnis, investasi, keuangan dan property. Pengetahuan tersebut kemudian mereka gunakan untuk menghasilkan jumlah kekayaan yang lebih banyak lagi melalui instrumen-instrumen investasi yang telah mereka pelajari.

Ke-enam pelajaran kecerdasan finansial ala Robert T. Kiyosaki tersebut, diharapkan memberikan pemahaman bagi para pembaca. Dan dengan merenungi lebih mendalam inti ajaran Robert T. Kiyosaki tanpa maksud mencela, sangat mungkin membuat kecerdasan finansial seseorang semakin baik dari hari ke hari.

Demikianlah semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian di mana pun Anda berada. Salam Sukses Salam Pembelajar

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

  1. ASSALAMU'ALAIKUM.WR.WB.
    ALHAMDULILLAH..!!
    saya bersyukur kpd Allah SWT.
    atas keberhasilan PENARIKAN UANG
    GHAIB.setelah melalui proses panjang &
    sangat sangat beresiko,dgn izin Allah
    alhamdulillah uang ghaib akhirnya berhsil
    kami keluarkan dgn jumlah yg luar biasa.
    UANG GHAIB INI PENAWARAN TERBARU DARI KAMI.
    setelah uang balik (UB) sudah terbukti keberhasilanya,
    dan sehubungan banyaknya orang yang menginginkan hal ini
    ( UANG GHAIB ), kami sanggup memproses penarikan UANG GHAIB,
    dengan catatan:
    1.masalah utang piutang (JUMLAH BESAR)
    2.tidak untuk memperkaya diri
    3.sanggup menyiapkan satu ekor sapi jantan,(sebagai pengganti tumbal).
    -PELET PUTIH/PENGASIHAN JARAK JAUH
    -MENAKLUKKAN LAWAN JENIS
    -PENGLARISAN/JIMAT GOIB BISNIS DLL
    APAKAH ANDA TERMASUK KATEGORI DI BAWAH INI.???
    4.BUTUH MODAL DALAM BUKA USAHA
    5.SELALU KALAH DALAM BERMAIN TOGEL
    6.DILILIT HUTANG
    7.BARANG BERHARGA ANDA SUDAH HABIS
    8.DILILIT HUTANG
    --------------------------------------------------
    bagi anda yang BENAR-BENAR SERIUS dalam hal ini.....
    silahkan menghubungi AKY SUNDOKO di NO TPL 0823-9350-0556.
    UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI
    TERIMAKASIH
    WASSALAMUALAIKUM.WR.WB...???

    ReplyDelete
  2. Nama saya Maria Fadhlan dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal ventura dan hutang. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Semua ini terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu seseorang online pertiwi ges di email pertiwigesang@gmail.com amalia anmangkurat amaliaanmangkurat@gmail.com dan endang nisrina endangnisrina@gmail.com baru-baru ini yang memberikan kesaksian tentang pemberi pinjaman RIKA ANDERSON LOAN COMPANY jadi saya membuat bertanya dan dia memperkenalkan saya kepada ibu yang baik RIKA yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan sebesar $ 90.000 dengan suku bunga rendah di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY.

    Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Anda, Ms. Rika, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ms. Rika Anderson atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Rika Anderson melalui

    Situs web perusahaan: rikaandersonloancompany.webs.com
    email perusahaan: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: + 1-323-689-3663

    Anda dapat menghubungi saya juga melalui mariafadhlan@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR