MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

MEMAKNAI HIDUP DENGAN SEPENUH HATI


MEMAKNAI HIDUP DENGAN SEPENUH HATI
Oleh : Peri Irawan*


Kita mengenal istilah khusyu pada sholat, atau kita menemukan kata penjiwaan pada sebuah karya seni, kedua kata tersebut berkaitan dengan pemaknaan dan penghayatan yang mendalam terhadap sebuah rasa dan tindakan. Begitupun dengan hidup yang kita jalani saat ini, agar bisa berjalan dengan selaras maka diperlukan sebuah sikap untuk bisa memaknai hidup dengan sepenuh hati.


Kita harus menyadari bahwa hidup bukanlah hal rutin yang selalu kita lakukan sambil lalu saja, namun juga harus bisa memberikan arti penting dalam setiap episode perjalanan hidup kita. Sidang pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, setiap kejadian dalam hidup ini sesungguhnya senantiasa membawa pesan, entah itu pesan agar kita menjadi seorang pembelajar, pesan agar kita menjadi orang yang lebih bijaksana atau pesan untuk sebuah pengalaman yang berharga, demikian sehingga kita tidak harus mengalami kesalahan berulang-ulang dalam menjalani hidup ini. Apapun bentuknya, segala sesuatu yang telah dan akan kita lakukan mengandung banyak hikmah untuk dihayati serta diiringi dengan kesadaran diri yang mendalam.

Cobalah sekali-kali kita duduk dan merenungkan tentang sesuatu hal ; baik itu peristiwa, benda atau obyek, tingkah laku manusia atau pun kondisi lingkungan sekitar saat kita duduk termenung, kita akan temukan bahwa semua hal yang ada di sekeliling kita memiliki pesan untuk menjadi pembelajaran bagi setiap insan yang mau berpikir, Untuk itu semua, kita harus belajar untuk terus mengasah sensitifitas diri sehingga apa yang kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan menjadi bagian dari hidup kita yang tidak bisa terpisahkan.

Jikalau setiap orang dapat menemukan makna hidup dalam dirinya, maka penyimpangan terhadap nilai-nilai kemanusian bisa dihindari sedini mungkin, penyakit kejiwaan bisa ditekan seminimal mungkin dan potensi setiap diri manusia bisa dimaksimalkan pada tingkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu betapa pentingnya agar kita dapat memaknai kehidupan yang kita jalani saat ini, karena kita semua tahu, bahwa kehidupan ini adalah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang sangat tinggi nilainya, bersifat abadi dan merupakan sebuah perjalanan yang panjang. Ada beberapa manfaat saat apa yang kita lakukan selalu kita maknai.

  1. Dalam mengambil setiap tindakan kita akan lebih cermat dan jauh dari sifat tergesa-gesa.
  2. Kecermatan itu mendatangkan fokus, dan fokus memberikan kekuatan pada perhatian kita, sehingga setiap apa pun yang kita lakukan akan lebih berkualitas karena segala sesuatunya disematkan dengan makna, dan apa yang kita lakukan lebih mungkin untuk bisa cepat terselesaikan.
  3. Membuat kita mampu menemukan nilai kebijaksanaan yang tersembunyi di setiap hal yang akan kita lakukan.
  4. Menghayati segala aspek, sehingga sesuatu yang terlihat tidak berarti menjadi sangat berarti.
Demikianlah, semoga artikel ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi segenap para pembaca di mana pun Anda berada. Salam Sukses Salam Pembelajar.

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

  1. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR