MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

BERTEMU DAN MENJADI KAYA


BERTEMU DAN MENJADI KAYA
Oleh : Peri Irawan*


Terinspirasi dari sebuah acara televisi di sebuah stasiun TV swasta nasional yang mengangkat kisah perjuangan para peternak ikan lele di sebuah kampung di Kec. Cengkareng Jakarta Barat. Karena intensitas dan kedisiplinan para peternak lele untuk bertemu dan berbagi pengalaman serta pengetahuan, yang berlanjut menjadi sebuah kelompok paguyuban peternak lele, telah menjadikan anggota kelompok yang awalnya serba terbatas kini bisa tercukupi karena saling membantu dan menopang untuk kemajuan bersama.

Penulis menangkap pelajaran dari acara televisi tersebut bahwa, kebersamaan dan silaturahmi yang terarah bisa menjadikan kita lebih kaya. Kaya dalam arti sebenarnya, baik dari segi materiil ; uang, modal dan aset lainnya yang memiliki nilai harga dan manfaat, maupun non materiil dalam bentuk pengetahuan/ wawasan, pengalaman, akses networking, informasi dan ide-ide kreatif yang terus berkembang.

Dalam buku karangan Joe Vitale dan Bill Hibbler yang berjudul Meet and Grow Rich. Mereka yang sering berkumpul dalam kelompok kecil, terdiri atas 3-6 orang dan memiliki tujuan yang sama untuk diwujudkan disebut dengan kelompok Mastermind. Kelompok kecil, yang memiliki kesamaan visi kemudian mereka mewujudkan visi itu secara bersama-sama, melalui misi-misi yang aturan mainnya telah ditetapkan terlebih dahulu secara bersama-sama pula. Mereka saling membantu dan mendukung. Bisa dikatakan Mastermind adalah sebuah konsep di mana orang-orang berkumpul untuk berbagi dan berkembang dari pertukaran yang mereka lakukan.

Kita mengenal dalam sejarah bahwa berdirinya organisasi besar seperti Boedi Oetomo, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, bahkan gagasan awal berdirinya NKRI, pada mulanya adalah dimulai dari ide 2-3 orang, yang selalu membicarakan wacana-wacana bersama-sama kemudian timbul niatan yang kuat untuk mewujudkannya. Wacana dan niatan tersebut kemudian berkembang dan mendapatkan dukungan dari orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama. Maka melalui jalan ketekunan dan kebersamaan itulah organisasi seperti Boedi Oetomo, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama  serta NKRI ini bisa berdiri.

Demikianpun seharusnya, sidang pembaca yang berbahagia, kita semua perlu memiliki sebuah kelompok kecil, kelompok Mastermind kita sendiri yang terdiri dari 3-6 orang, yang senantiasa bertemu dan mewujudkan visi bersama-sama. Bertemu dan menjadi kaya, itulah tujuannya. Blog yang saat ini ada di hadapan para pembaca (www.visionerpd.blogspot.com) merupakan produk kreasi dari kelompok Mastermind. Pada mulanya blog ini tercetus oleh penulis karena rasa ingin berbagi informasi kepada masyarakat melalui dunia maya mengenai ide-ide tentang kepemimpinan, kecerdasan finansial dan solusi fenomena sosial kemasyarakatan. Kemudian ide itu diwujudkan bersama Sdr.Hendro Eko Prasetio yang berperan sebagai moderator dan desainer atas tampilan blog ini, seiring berjalannya waktu rekan Sdr. Zamzam Miftahul Zanani hadir dalam kelompok dan berperan sebagai pengarah atas konten-konten blog yang akan diterbitkan, sehinga blog ini bisa sampai di hadapan para pembaca dan bisa pembaca nikmati saat ini. Meskipun sederhana, kami sangat berharap agar blog ini bisa memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat, inspiratif, informatif, solutif dan edukatif.

Demikianlah, semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian di mana pun Anda berada. Salam Sukses Salam Pembelajar

*) Penulis adalah pengasuh blog di www.visionerpd.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR