MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

Sejauh Manakah Kepemimpinan Anda, Membawa Anda Kepada Sukses?

LEADERSHIP*

(Kepemimpinan)

Oleh : Peri Irawan**

“Siapa yang telah belajar untuk taat,
maka dia akan memahami bagaimana cara memimpin.”


Siapa pun dan dimanapun diri Anda, apabila waktunya telah tepat maka Anda akan dituntut untuk bertanggung jawab atas sesuatu – dan di saat itulah Anda mulai menjadi pemimpin. Saat memimpin maka bisa diibaratkan Anda sedang menjadi kapten atau nahkoda kapal bagi kehidupan Anda sendiri. Karena itulah kita memerlukan banyak perangkat atau alat, dan yang paling pokok adalah Peta dan Kompas yang tentunya akan memandu Anda untuk berlayar, mengarungi luasnya bahtera samudra hidup Anda. Setelah ada peta dan kompas, mau kemanakah Anda?

“Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi orang, baik individu maupun kelompok. Seorang Pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana, mengkoordinasikan, memimpin pelaksanaan, serta mengevaluasi untuk tujuan bersama.” (John C. Maxwell – Pakar Kepemimpin Internasional). Di masyarakat kita ada 2 pendapat mengenai asal-usul kepemimpinan :

1. Leaders are born (para pemimpin memang telah ditakdirkan atau dilahirkan untuk menjadi
pemimpin).
2. Leaders are made (para pemimpin itu dibentuk, belajar dan berlatih untuk menjadi pemimpin).

Bahkan awamnya kita semua hanya tahu, bahwa yang namanya pemimpin itu menjabat sebagai ; ketua OSIS, kepala sekolah, kepala bagian, supervisor, manajer, direktur atau presiden. Secara teknis jabatan-jabatan tersebut memang bisa mewakili sebagian tugas seorang pemimpin, tapi kenyataannya menjadi pemimpin bukan berarti menyandang jabatan-jabatan tadi dan tidak sesederhana itu. Karena ingat, para pemimpin sangat mampu menjadi seorang manajer, tapi seorang manajer belum bisa dikatakan sebagai seorang pemimpin. Ada banyak perbedaan antara keduanya.

Banyak sekali kecakapan-kecakapan pribadi dan kemampuan teknis yang harus dimiliki para pemimpin. Karena menjadi pemimpin berkaitan dengan memanaje manusia, Perlu kemahiran untuk memimpin, karena manusia yang memiliki 3 aspek yang harus Anda perhatikan, pertama aspek fisik, kedua aspek mental dan ketiga aspek spiritual. Oleh karena itu tentunya Anda harus banyak mempelajari teknik-teknik berkaitan dengan cara tentang berhubungan dengan orang lain selain kemampuan Anda untuk membuat rencana, mengkoordinasikan, memimpin dan mengawasi pelaksanaan, serta melakukan pengevaluasian kinerja atas manusia-manusia yang telah Anda pimpin.

Dalam melaksanakan tugasnya para pemimpin memerlukan kepiawaian dalam mengolah sikap dan mental terbaik. Karena kesuksesan seorang pemimpin sangat dipengaruhi dengan karakter/watak yang dimilikinya, karakter akan menghasilkan sikap, sikap akan menghasilkan tindakan, tindakan akan menghasilkan kebiasaan, dan kebiasaan akan sangat mempengaruhi pencapain kesuksesan Anda. Ada beberapa sifat dan kebiasaan yang saya perhatikan, menjadikan seorang pemimpin lebih unggul dibandingkan pemimpin yang lain.

Kepemimpinan juga memberikan banyak kita kelebihan. Kenapa demikian?

• Kita semua didesain sebagai pemenang, bahkan sebelum kita berbentuk manusia sempurna.
Contoh sederhana proses terbentuknya janin diri Anda dalam rahim ibu.
• Kehidupan di dunia hanya sekali, hanya Andalah yang memiliki hidup Anda, bukan orang lain.
• Anda hanya Anda seorang, dari jaman Nabi Adam hingga Kiamat nanti.
• Pemimpin menciptakan budaya.
• Menjadi pemimpin terbaik menuntut Anda untuk melakukan 3 Pro : Profesional, Proaktif, Progresif.

Tetapkan tujuan Anda sekarang, dengan kemampuan imajinasi serta mendengar suara hati Anda. Karena tujuan membimbing Anda untuk dapat melakukan sesuatu. Dan jika Anda mempunyai tujuan, Anda dapat hidup dalam kondisi apapun. Seseorang harus punya tujuan sebelum menjadi kapten atau nahkoda kapal bagi hidupnya sendiri.


Demikianlah para pembaca yang saya hormati, ayo, marilah kita semua yang membaca artikel ini , mulailah belajar untuk menjadi seorang pemimpin, dengan mengenali potensi diri Anda, asahlah selalu potensi diri Anda, karena potensi Anda adalah ibarat karbon arang yang harus senantiasa Anda digosok agar menjadi karbon intan atau berlian yang sangat berharga. Terima kasih kepada para pembaca, semoga materi kali ini bisa memberikan Anda para pembaca, manfaat, pencerahan dan inspirasi serta wawasan baru, sehingga Anda dapat mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin terbaik dan efektif yang akan membawa kemajuan kepada Anda pribadi, organisasi serta hidup Anda seluruhnya yang Anda cintai.


Terima Kasih..., Salam Sukses, Salam Pembelajar bersama saya Peri Irawan.


*) Materi ini disampaikan dalam acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS SMK Labschool Tangerang Raya Jl. Raya Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta Teluk Naga Km. 18 Kab. Tangerang hari Sabtu tanggal 20 Februari 2010 jam 20.00 s/d 21.30 WIB dan akan disampaikan ulang di acara ”Pengembangan Diri” di radioRJFM 101,2 MHZ pada hari Senin tanggal 22 Februari 2010 jam 20.00 s/d 21.00 WIB.

**) Penulis adalah pengasuh web blog http://www.visionerpd.blogspot.com/ dan pembicara utama dalam acara ”Pengembangan Diri” di radio RJFM 101,2 MHz.

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR