MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

KEPEDULIAN ; Ternyata Berpengaruh Terhadap Kesuksesan Hidup


RASA PEDULI*
Oleh : Peri Irawan**

Rasa peduli adalah bagian yang terpenting dari pola hidup sukses, karena rasa peduli menyatakan dengan tegas bahwa kita mau dan mampu melakukan sesuatu. Kepedulian juga menegaskan bahwa kita bersedia memperbaiki sesuatu yang salah dan menempatkan kembali segala sesuatunya di tempat yang benar. Para pambaca yang berbahagia, rasa peduli menunjang kesuksesan Anda, baik pribadi, karir, keluarga maupun semua elemen penting dalam kehidupan Anda. Banyak masalah bisa kita pecahkan dan dicarikan solusinya dengan sikap sederhana ini, iya… sikap peduli Anda bisa menjadi banyak solusi bagi berbagai macam permasalahan. Dan itu adalah sesuatu yang sederhana.

Kepedulian juga adalah produk utama akal budi manusia, rasa peduli mencegah terjadinya hal-hal yang menyebabkan banyak kerugian bagi kita umat manusia materiil maupun moril – selain keuntungan sebagai makhluk individu/pribadi tentunya. Peduli merupakan langkah responsif aktif untuk menanggulangi segala masalah sebelum masalah menjadi komplikasi dan sulit diselesaikan. Para Pembaca yang budiman dimana pun Anda berada. Multi krisis yang terjadi pada 13 tahun yang lalu kepada bangsa Indonesia seharusnya tidak menjadi sesuatu yang parah apabila kita semua memiliki kepedulian untuk mencegahnya sebelum terjadi, sebelum masalah itu datang bertubu-tubi.

Rasa peduli bisa banyak mencegah terjadinya masalah, betul kata orang bijak lebih baik menjaga daripada mengobati, menjaga pada esensinya adalah rasa peduli. Kepedulian Anda dan kita semua tentu sangat bermanfaat.

Ambil contoh sederhana. Saat kita peduli agar tidak membuang sampah sembarangan maka hal tersebut sebenarnya telah memberikan kita banyak manfaat yang saling berkaitan satu sama lain, seperti terhindarnya sampah berserakan yang mengurangi keindahan lingkungan, menghindarkan dari kekumuhan, mencegah banjir saat musim penghujan karena saluran air yang tersumbat sampah buangan, menghindari berkembang biaknya jentik penyakit yang disebabkan oleh sampah yang kotor, memudahkan pemerintah dalam mengelola lingkungan dan menekan anggaran kebersihan yang tidak perlu, memudahkan proses daur ulang sampah serta banyak manfaat lainnya dari hanya sebuah sikap sederhana untuk peduli tidak membuang sampah sembarangan.

Peduli adalah juga kesedian untuk rela berkorban. Segala sesuatu sudah pasti ada harganya. Ada yang harus dibayar untuk setiap hal, tidak harus melulu uang tapi sesuatu yang harus dikorbankan baik waktu, tenaga, pikiran atau peran serta aktif lainnya untuk mewujudkan sebuah hal. Saat datang problematika bertubi-tubi kepada kita semua, maka kita harus peduli dengan masalah/problematika yang sedang kita hadapi, jangan lari dari masalah karena itu tak akan pernah membuat masalah menjadi selesai.

Para pembaca yang saya hormati dimanapun Anda berada. Adalah merupakan sikap yang baik apabila kita menanamkan rasa sikap peduli saat ini dan terus mengembangkannya. Sikap baik ini perlu kita kembangkan karena sudah dibahas sebelumnya sikap peduli kita banyak memberi solusi bagi banyak masalah.

Hidup kita adalah kausalitas. Ada sebab dan akibat yang terjadi. Saat kita peduli dengan sikap hemat dan peduli untuk berusaha sejak dari muda maka kepedulian kita tersebut akan berbuah kekayaan materi dan kecukupan, saat kita peduli dengan menjaga kebersihan, pola makan sehat dan peduli dengan hidup teratur serta berolah raga maka dia berbuah kesehatan hidup bagi kita, tatkala kita peduli untuk berbuat baik dan rukun dengan sesama hal tersebut berbuah hormat dan jalinan persaudaraan serta pertemanan sepanjang masa. Peduli adalah sikap sederhana namun vital bagi perjalanan hidup kita.

Banyak contoh kita bisa ikut peduli dan berperan aktif dengan mengikuti banyak kegiatan yang positif dalam sikap sederhana – PEDULI, diantaranya kita bisa ikut ;

1.Peduli kegiatan sosial ; hal-hal yang berkaitan dengan pemberdayaan kehidupan manusia, diantaranya bersedekah atau berderma membuat Anda menanam amal ibadah untuk kehidupan di akhirat kelak, selain itu bersedekah dan berderma membuat Anda menjadi semakin kaya bukan hanya berkecukupan, dalam bidang kemanusian, pendidikan, kebudayan. Banyak organisasi yang bersedia menampung kepedulian Anda diantaranya adalah Dompet Dhuafa, Palang Merah Indonesaia, Gerakan Nasional Orang Tua Asuh, Rumah Zakat Indonesia, Yayasan Budha Tzu Chi indonesia, dan lain sebagainya.

2.Peduli kegiatan lingkungan ; hal-hal berkaitan peran serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dan kehidupan. Efek yang bisa kita dapatkan diantarnya adalah membuat Anda merasa nyaman dengan lingkungan hidup Anda. Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia dengan program daur ulangnya, Green Peace dengan program penghijauannya buminya, World Wild Foundation (WWF) dengan pelestarian satwanya dan lain sebagainya yang kita bisa ikut serta berperan aktif untuk peduli di dalamnya.

Kepedulian kita banyak memberikan manfaat ; menghindari bencana, mengurangi tindak kejahatan, mengurangi masalah sosial kemasyarakatan seperti ; kebodohan dengan memberi pendidikan, kemiskinan dengan berderma dan melatih kewirausahaan, kepadatan penduduk dengan sosialisasi program Keluarga Berencana, mengurangi bahkan menghilangkan anak jalanan yang saat ini santer dibicarakan banyak media dan lembaga. Dan lain sebagainya yang tentunya bermanfaat bagi kita semua.

Peduli ; langkah respon aktif.
Peduli ; rasa rela berkorban dan tanggung jawab.
Peduli ; langkah antisipatif/pencegahan atas kemungkinan terjadinya hal terburuk.
Peduli ; hasil akal budi dan kecerdasan manusia.

Demikianlah pembahasan kita pada malam hari ini semoga bisa memberikan Anda para pembaca manfaat, pencerahan dan inspirasi serta wawasan baru sehingga kita lebih peduli kepada kehidupan kita dan harapan kita agar perjalanan hidup kita semakin lebih baik bagi pribadi maupun masyarakat disekitar.

Terima Kasih atas perhatian Anda semua, salam sukses salam pembelajar dengan saya Peri Irawan.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

*) Makalah ini adalah wacana yang disampaikan dalam acara pengembangan diri di radio RJFM 101,2
MHz pada hari Senin tanggal 01 Februari 2010 jam 20.00 s/d 21.00 WIB.
**) Penulis adalah pembicara utama acara pengembangan diri di radio RJFM 101,2 MHz dan

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR