MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

ZONA PARA PEMENANG...! Sudahkan Anda masuk ke dalamnya???

Zona Para Pemenang*
Oleh : Peri Irawan**


Tema pembahasan kali ini dibuat atas dasar inspirasi tampilnya tim-tim atau club-club sepakbola terbaik eropa di Liga Champions, liga terbaik, liga penuh bintang dan ketat dengan persaingan untuk tampil sebagai pemenang di setiap pertandingannya. Dalam Liga Champions hanya club-club terbaik di dataran tanah eropa saja yang dapat tampil diperhelatan tersebut. Club-club unggul dengan track record juara yang teruji dan memiliki tradisi-tradisi kuat sebagai tim handal, tim yang tangguh serta bermental juara. Ada banyak tujuan yang ingin diraih para tim-tim elite terbaik eropa tersebut, mulai dari prestise sebagai juara eropa, dukungan banyak sponsor, nama baik yang akan memicu penjualan marchandise club, pundi-pundi uang yang melimpah, dukungan fans yang lebih besar serta keuntungan lainnya yang dapat menjadikan club semakin terkenal dan mendapatkan sanjungan sebagai jawara eropa. Tapi terlepas tujuan-tujuan di atas tadi, ternyata hanya satu yang paling pokok yang ingin mereka (tim-tim elite eropa) raih yaitu menjadi tim terbaik eropa. Kita ketahui ada club-club besar yang bermain di Liga Champions Eropa diantaranya Manchester United, Arsenal, Barcelona, Bayern Munchen, Olympic Lyon, Benefica, Ajax Amsterdam, Celtic, Real Madrid, Inter Milan, AC Milan, Bourdaux, Chelsea, Liverpool, dan lain sebagainya.

Para pembaca yang berbahagia di manapun Anda berada. Kenapa ya, bila kita cermati terus-menerus setiap musim kompetisi Liga Champions Eropa hanya tim-tim itu saja yang selalu tampil, seakan-akan hanya merekalah yang pantas meramaikan Liga terbaik tersebut? Tim-tim yang hanya memiliki tradisi kuat sebagai juara saja (di liga lokal masing-masing negara tentunya) yang dapat tampil, apa sich rahasia tim-tim terbaik tersebut? Kenapa mereka bisa terus konsisten tampil di Liga terbaik itu? Mungkin jawabannya adalah mereka tim-tim terbaik TERBIASA untuk selalu berada di “Zona Para Pemenang,” Zona atau Wilayah yang penuh ketentuan dan syarat untuk bisa berada di dalamnya. Pertanyaan selanjutnya, dalam pembahasan kali ini adalah, untuk kita bisa menjadi hamba-hamba Allah S.W.T yang sukses, berhasil dan berdaya guna, bersediakah Anda para pembaca masuk ke dalam zona tersebut? Zona yang tidak semua orang bisa memasukinya? Zona itu adalah Zona Para Pemenang. Apabila kita analogikan sebuah tim club terbaik eropa tersebut sebagai seorang manusia yang unggul maka ada beberapa kesimpulan yang dapat saya ambil pelajaran di dalam Liga Champions Eropa tersebut untuk memenuhi ketentuan dan syarat masuk ke dalam Zona Para Pemenang. Jawaban sementara yang akan menjawab bagaimana para pemenang dapat terus mempertahankan kemenangan mereka dalam jangka waktu yang panjang?

Pertama, para pemenang biasanya selalu ingin tahu dan juga selalu MENGETAHUI ATURAN MAIN setiap pertandingan/permainan. Tanpa mengetahui aturan main sulit bagi kita untuk memenangkan sebuah permainan. Begitupun dalam kehidupan kita, kita harus mengetahui aturan mainnya, setelah mengetahui aturan main Anda harus bermain dengan sportif dan kemudian patuhilah aturan main yang telah ditentukan. Apapun permainan dalam kehidupan Anda, pelajarilah terus aturan mainnya terlebih dahulu, kemudian baru kita siap terjun ke dalamnya.

Kedua, para pemenang tahu di mana peluang akan datang, sedangkan yang lain malah mengejar peluang. Para pemenang memiliki sikap visioner, sikap kemampuan melihat dengan mental, bukan dengan mata secara fisik. Misalnya dalam permainan sepak bola pemain sepak bola yang hebat selalu menempatkan diri di mana bola akan datang di lapangan daripada mengejar bola yang terkadang tidak tentu arahnya, dirinya selalu siap menerima bola yang akan datang kepadanya kemudian diterima sebaik-baiknya, diover kepada rekan tim atau bahkan akan disepak untuk mencetak angka.

Ketiga, para pemenang memiliki Manajemen Kendali Mutu yang sangat baik. Mereka memanajemeni waktu, kegiatan dan finansialnya dengan sangat baik, segala sumber daya yang dimiliki oleh mereka digunakan secara optimal. Para pembaca yang budiman, jangan hanya melihat seorang pemain sepak bola profesional berlaga di arena, tentu mereka hebat di arena, tapi kita juga harus memperhatikan keseharian mereka, di luar arena mereka benar-benar optimal dan ketat dalam manajemen, mereka berlatih keras, mereka menempa fisik, mereka belajar lebih dalam tentang strategi permainan, sampai menjaga porsi makan untuk mengimbangi kegiatan sehari-hari bahkan persiapan untuk menghadapi pertandingan-pertandingan berat selanjutnya.

Keempat, para pemenang tampil bersama tim yang tangguh, tim yang terdiri atas orang-orang yang terbiasa hidup dengan mental pemenang. Mereka para pemenang memainkan peranannya sebagai pemain tim yang baik. Pilihlah tim Anda hanya mereka yang benar-benar terbaik untuk mencapai hasil maksimal. Kelemahan salah seorang pemain dalam sepak bola akan membebani pemain yang lain, oleh karena itu biasanya dalam permainan sepak bola, pemain yang mulai turun stamina, banyak melakukan kesalahan dan tidak konsisten dalam permainan akan digantikan oleh pemain yang lebih fresh, berkonsentrasi dan konsisten dalam permainan.

Kelima, Para pemenang adalah mereka yang juga profesional di bidang mereka, biasanya mereka adalah bagian dari 10% orang terbaik yang berada di satuan kerja atau timnya, dalam pertandingan sepak bola kita mengenalnya entah sebagai kiper, bek, wing bek, striker, pemain tengah ataupun seorang libero. Menjadi profesional dan menjadi yang terbaik adalah tiket mutlak untuk dapat membawa kita terbang bersama para pemenang, untuk memasuki wilayah atau zona para pemenang. Para profesional akan tetap menjadi pemenang dengan menampilkan permainan terbaik sampai detik terakhir, ditambah sedikit keberuntungan, kecerdasan taktik dan kelihaian melihat peluang untuk mencetak angka atau hasil yang maksimal.

Demikianlah para pembaca yang budiman dan saya cintai dimanapun Anda berada, marilah kita berusaha terus untuk menjadi bagian yang terbaik dan berusaha masuk di zona para pemenang, zona mereka yang memilik hasrat untuk konsisten mengasah kemampuan terbaik mereka, sampai berada di posisi puncak Jawara puncak terindah bagi mereka para Pemenang. Terima kasih kepada para pembaca yang masih tetap setia untuk membaca semua catatan yang saya tulis, semoga pembahasan kita kali ini bisa memberikan para pembaca, manfaat, pencerahan dan inspirasi serta wawasan baru, sehingga kita semua bisa memenuhi ketentuan dan syarat untuk memiliki tiket masuk di zona para pemenang/zona championers.

Salam Sukses, Salam Pembelajar bersama saya Peri Irawan.

*) Bahan/wacana ini disampaikan dalam acara pengembangan diri pada hari Senin
tanggal 12 April 2010 jam 20.00 s/d 21.00 WIB di radio RJFM 101,2 MHz.
**) Penulis adalah pengasuh web blog visionerpd.blogspot.com dan pembicara utama
dalam acara pengembangan diri di radio RJFM 101,2 MHz.

Comments

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR