MENULIS 500 KATA PER HARI

Image
MEMBIASAKAN DIRI MENULIS 500 KATA PER HARI Oleh : Peri Irawan* Bagaimana caranya membiasakan diri menulis 500 kata per hari? Menurut pribadi saya untuk melakukan itu, ya cukup hanya menyediakan waktu luang dan kemudian menulis langsung menulis saja. Menulis berbagai banyak hal, kata demi kata namun tetap berprinsip runut, enak dibaca sesuai kaidah penulisan dan tata bahasa yang benar. Menulis tentang pembahasan apapun tanpa batasan, tidak perlu mempermasalahkan teknis sedari awal, karena tujuan awal kita adalah mampu menulis 500 kata per hari. Saya pun demikian saat ini mulai membiasakan diri menulis 500 kata per hari, dan ternyata semua itu membutuhkan disiplin diri dan komitmen yang kuat. Dalam prosesnya perlu semangat, ide yang mengalir dan stamina yang cukup kuat. Berbagai gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan dan perlu dikembangkan dalam bentuk kata demi kata agar menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapi, sehingga menjadi rangkaian sebuah tulisan. Hal

Sistem Pengelolaan Keuangan Pribadi

MEMBUAT SISTEM PENGELOLAAN
KEUANGAN PRIBADI
Oleh : Peri Irawan/Irawan Santoso
(Bahan Wacana Radio RJFM 101,2 MHz)

Sudah kita bahas sebelumnya bahwa uang adalah merupakan suatu bentuk sumber daya, dan yang namanya sumber daya memerlukan sebuah sistem pengelolaan yang baik, agar bisa berdaya guna secara optimal, efisien dan efektif.

Beberapa cara sederhana dari sistem pengelolaan keuangan yang bisa kita lakukan diantaranya adalah :

1. Sistem pencatatan pemasukan dan pengeluaran yang rapi.
2. Sistem Laporan Keuangan Sederhana.
3. Sistem berupa alat hitung investasi (berupa software).

Hal ini diperlukan agar kita bisa mengambil beberapa manfaat ;

- Memantau setiap uang yang masuk dan keluar setiap saat.
- Mengontrol pengeluaran dan memaksimalkan pemasukan.
- Mengidentifikasi sumber-sumber pemasukan dan sumber masalah keuangan yang kita hadapi (biasa pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu/boros).
- Sebagai ‘proyektor’ perkembangan kemajuan keuangan kita dan sebagai alat diagnosa masalah keuangan kita.
- Sebagai alat hitung investasi kita.

Bagaimana cara menerapkan hal-hal tersebut ;

1. Sistem pencatatan pemasukan dan pengeluaran yang rapi.

a. sebuah buku catatan kas sederhana.
b. Menuliskan setiap setiap pemasukan maupun pengeluaran sekecil apapun.

2. Sistem Laporan Keuangan Sederhana.

a. sebuah buku besar biasa.
b. Buat bagan/kolom Laporan Keuangan sederhana (versi Robert T. Kiyosaki).
c. Bahan entri diambil dari buku catatan pemasukan dan pengeluaran perbulan, contoh ; pengeluaran konsumsi (total), BBM/Transfortasi (total) dll.
d. Ada kolom Laporan Keuangan Pemasukan-Pengeluaran dan Laporan Neraca Aset-Kewajiban (merupakan laporan yang menunjukkan jumlah harta kekayaan ataupun hutang yang kita miliki).

3. Sistem berupa alat hitung investasi (berupa software).

Carilah software yang dibuat khusus untuk menghitung investasi kita, hanya dengan mengentri data-data dan tekan enter di PC ataupun Laptop, maka kita telah mendapatkan hasil perhitungannya dengan cepat dan tepat. (Donwload gratis software di www.visioner+multimedia.com)

Dalam menjalankan semua itu, kita memerlukan disiplin yang kuat, ketika kita mengevaluasi kondisi keuangan kita, maka akan terasa sekali perbedaannya. Minimal 1 (satu) tahun, karena kita benar-benar bisa melihat manfaatnya selama 1 (satu) tahun, ada perbedaan, dan rasanya kita bisa lebih percaya diri dengan kemajuan keuangan kita. Hal tersebut semuanya bisa anda donwload di website kami www.visionerp.blogspot.com atau www.visioner+multimedia.com

Terima Kasih dan semoga bermanfaat, salam sukses dari saya Irawan Santoso.

Comments

  1. Thanks infonya. Pada prinsipnya, tiap orang punya cara masing-masing dalam mengatur keuangannya. Ada yang tipe jor-joran di awal bulan, jor-joran di akhir bulan, bahkan ada yang jor-joran tiap hari. Hayo, kamu tipe yang mana? Jawab dalam hati aja ya! Apapun jawaban kamu, penting untuk tetap mengetahui cara mengelola keuangan yang baik dan benar lewat artikel yang saya temuin ini: Cara mudah atur keuangan bulanan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CIRI KHAS PRIBADI UNGGUL

MUTIARA DI DALAM LUMPUR